Salin Artikel

Jelang Ramadhan, Warga Madura di Manokwari Gelar Tradisi Nyekar

MANOKWARI, KOMPAS.com - Warga Pulau Madura, Jawa Timur, yang berdomisili di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menggelar tradisi nyekar kuburan menjelang Bulan Ramadhan, Minggu (27/3/2022).

Warga yang tergabung dalam Ikatan Kerukunan Keluarga Madura (Ikama) mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Pasir di Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari.

Tidak hanya nyekar, pada kesempatan itu warga Madura juga melakukan bakti sosial dengan membersihkan kuburan dari rerumputan.

"Kita memang warga Madura, tapi sudah hidup di Manokwari sehingga melalui momen jelang Bulan Suci Ramadhan, kita lakukan tradisi nyekar sekaligus bakti sosial di TPU Pasir Putih" kata Ketua Ikama Manokwari, Irianto Samsu, Minggu.

Irianto mengatakan, tradisi itu sebagai bentuk semangat dan tanggung jawab sebagai muslim dalam menyambut Bulan Ramadhan.

"Kita wajib membersihkan kuburan saudara-saudara kita yang telah dipanggil oleh Allah SWT, sebagai bagian dari mengingat kematian bagi kita yang masih diberikan umur yang panjang," tuturnya.

Tidak hanya warga asal Pulau Madura, tradisi nyekar dan bakti sosial juga dilakukan oleh warga lainnya di Manokwari, seperti Pemuda Kepulauan Kei yang berdomisili di Manokwari.

"Biasanya menjelang Bulan Ramadhan kita lakukan pembersihan kuburan umum, bakti sosial ini melibatkan pemuda Kei di Manokwari" kata Mohamad Refra, Ketua Pemuda Kei Manokwari.

Refra mengatakan, tradisi itu penting dilakukan. Bukan hanya untuk menjalankan tradisi, namun juga untuk menjaga kebersihan.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/27/200927078/jelang-ramadhan-warga-madura-di-manokwari-gelar-tradisi-nyekar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke