Salin Artikel

Serangan KKB ke Pos Marinir di Nduga Dilakukan dari 2 Arah, Pakai Senjata Api dan Granat

KOMPAS.com - Pos Satgas Mupe Yonif Marinir-3 di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (26/3/2022) sekitar pukul 17.45 WIT.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nduga Kompol Komang Budhiarta mengatakan, serangan KKB tersebut dilakukan dari dua arah menggunakan senjata api dan granat.

Granat tersebut ditembakkan melalui senjata pelontar granat atau Grenade Launcher Module (GLM).

Budhiarta menuturkan, bunyi tembakan dari senjata pelontar granat terdengar hingga ke Polres Nduga yang berjarak sekitar 1,2 kilometer dari Pos Satgas Mupe.

Dia menambahkan, GLM yang digunakan KKB itu merupakan senjata rampasan dari TNI.

Selain granat, KKB juga menyerang memakai senjata api.

"Hari ini (Sabtu) hingga siang situasi kamtibmas di sekitar Kenyam kondusif, namun tiba-tiba sekitar pukul 17.45 WIT, terdengar bunyi tembakan dan ada laporan Pos Marinir di Kwareh Bawah diserang,” ujarnya, Sabtu, dilansir dari Antara.

Serangan diduga dilakukan KKB pimpinan Egianus Kagoya

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyampaikan, sempat terjadi kontak senjata pada pukul 17.50 WIT, 18.45 WIT, dan 19.45 WIT.

Menurut Fakhiri, penyerangan ini diduga dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kagoya.

Kelompok itu, terangnya, disebut memiliki persenjataan terbanyak.

"Kelompok Egianus merupakan KKB yang memiliki persenjataan paling banyak, salah satunya adalah GLM hasil rampasan," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu.


2 anggota Marinir gugur, 8 terluka

Akibat serangan itu, dua anggota Marinir gugur.

Korban jiwa diketahui merupakan Komandan Pos (Danpos) Letda Marinir Moh. Iqbal dan Pratu Marinir Wilson Anderson.

Letda Mar Moh. Iqbal meninggal dunia di lokasi kejadian.

Sedangkan, Pratu Mar Wilson Anderson yang sebelumnya kritis, mengembuskan napas terakhir pada Minggu (27/3/2022) dini hari.

Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan menuturkan, jenazah prajurit yang gugur telah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika untuk pemulasaraan.

Serangan KKB ini juga mengakibatkan delapan prajurit terluka.

Sebanyak enam prajurit dirawat di Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSUD Kabupaten Mimika, Papua. Mereka adalah Serda RF, BP, EES; Pratu ASA; Prada ADP, dan LH.

"Sedangkan dua orang yang luka ringan Pratu RS dan DS masih berada di Kenyam, Kabupaten Nduga," jelas Candra dalam keterangan tertulis, Minggu.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: Dheri Agriesta, Gloria Setyvani Putri), Antara

https://regional.kompas.com/read/2022/03/27/173400678/serangan-kkb-ke-pos-marinir-di-nduga-dilakukan-dari-2-arah-pakai-senjata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke