Salin Artikel

Karyawan Swasta di Sukoharjo Ini Nekat Jual Gerobak Angkringan Temannya hingga 9 Kali

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta ini sudah sembilan kali menjual gerobak. Akibat kejadian itu kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta.

"Pelaku telah menyewa sembilan unit gerobak angkringan kemudian dijual ke beberapa orang di beberapa tempat yang masih dalam pencarian," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Sukoharjo, AKP Tarjo Sapto di Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2022).

Dia menyampaikan peristiwa itu terjadi pada awal Januari 2022. Korban mendapatkan pesan WhatsApp (WA) dari pelaku untuk menyewa gerobak angkringan (HIK) yang diiklankan korban melalui media sosial (medsos) Facebook.

Kemudian pada 12 Januari 2022 sekitar pukul 12.00 WIB, korban mengantarkan gerobak kepada tersangka dengan alamat di pinggir jalan sebelah barat lapangan Desa Cemani.

"Korban meminta fotokopi KTP dan KK tersangka, tetapi tersangka hanya menunjukkan fotokopi KTP yang kemudian difoto oleh korban," terangnya.

Selain itu, kata dia tersangka juga memberikan ongkos kirim sebesar Rp 120.000 kepada korban. Adapun dalam perjanjian uang sewa gerobak Rp 10.000 perhari.

Setelah menyerahkan gerobak angkringan korban pamit pulang dan menyampaikan akan datang kembali menemui korban setiap 15 hari sekali sesuai perjanjian.

Pada Senin 24 Januari 2022 sekitar pukul 19.00 WIB, korban mendapat informasi dari grup WA paguyuban gerobak bahwa ada orang yang menjual gerobak milik korban.

Setelah melihat foto yang dishare di grup WA tersebut ternyata tersangka menjual gerobak milik korban.

"Korban bertanya langsung kepada tersangka di mana gerobak miliknya. Sama tersangka disampaikan bahwa gerobaknya sudah dijual. Korban mendatangi Polres Sukoharjo untuk proses lebih lanjut," kata Tarjo.

Tersangka dijerat dengan Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan dan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/24/182335578/karyawan-swasta-di-sukoharjo-ini-nekat-jual-gerobak-angkringan-temannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke