Salin Artikel

Kapolda Maluku Datang, Warga di Ambon Langsung Buka Blokade Jalan

AMBON, KOMPAS.com - Setelah sempat diblokade, ruas Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan utama menuju pusat Kota Ambon akhirnya dibuka, Kamis (24/3/2022).

Sebelumnya, ruas jalan itu diblokade oleh warga Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Warga membuka blokade jalan itu setelah Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mendatangi ruas jalan tersebut.

Latif tiba dengan mobilnya tepat di lokasi yang diblokade sekitar pukul 08.00 WIT. Setibanya di lokasi, ia langsung meminta warga Batu Merah untuk membuka palang.

Ia juga menginstruksikan anak buahnya untuk memindahkan water barrier yang digunakan untuk memblokade ruas jalan tersebut.

“Ayo segera dibuka itu ada warga yang sedang sakit yang harus segera dibawa ke rumah sakit mereka mau lewat,” kata Latif memberikan instruksi kepada warga dan anak buahnya.

Setelah ruas jalan tersebut dibuka, ratusan kendaraan yang terjebak macet, perlahan melewati jalan itu, termasuk sebuah mobil ambulans yang sedang membawa orang sakit.

Banyaknya kendaraan yang terjebak kemacetan membuat arus lalu lintas di kawasan itu tidak bisa berjalan normal seketika.

Dalam kesempatan itu, Latif meminta warga yang masih berkerumun di jalan agar membubarkan diri sehingga kendaraan bisa melintas dengan baik. Setelah itu, Latif meminta para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk berdialog di Masjid Annur yang ada di desa setempat.

Sekretaris Desa Batu Merah, Arlis Sisaholet, yang saat itu berada di tengah kerumunan, sempat berdialog dengan Kapolda dan ikut memberikan isyarat kepada warga untuk membuka blokade jalan.

“Kita warga Batu Merah cinta damai. Tapi tuntutan kami agar kami dapat dilibatkan dalam forum mediasi agar aspirasi kami dapat disampaikan sehingga kita bisa menyelesaikan masalah ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Jenderal Sudirman diblokade oleh warga sebagai bentuk protes atas keputusan Pengadilan Negeri Ambon yang hendak mengeksekusi lahan yang disengketakan antara warga Batu Merah dengan warga Desa Soya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/24/110029078/kapolda-maluku-datang-warga-di-ambon-langsung-buka-blokade-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke