Salin Artikel

Mitigasi MotoGP Mandalika, Kepala Basarnas: Kami Siapkan 2 Helikopter

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meninjau langsung kesiapansiagaan personel Basarnas dalam melakukan tindakan pertolongan dan pencarian dalam perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/3/2022).

Dalam kunjungannya, Henri menyampaikan bahwa pihaknya harus terlibat dalam penyelenggaraan event internasional ini karena mengundang banyak penonton dan berpotensi adanya permintaan pertolongan dari tim SAR.

"Kami siap selalu siaga dinilai oleh ITDC dan Dorna memuaskan kinerjanya. Kemudian kita mencari feedback lagi hal-hal yang kurang," kata Henri saat jumpa pers di media center Mandalika.

Disampaikan Henri, pada saat perhelatan World Superbike tahun lalu, pihaknya hanya menyediakan satu awak helikopter. Saat ini, pihaknya diminta menyiagakan dua helikopter untuk menangani emergency.

"Pada kesempatan MotoGP saat ini kita menyiagakan yang tadinya saat Superbike satu helikopter, nah sekarang kita diminta untuk siapkan dua helikopter, ini sebuah kemajuan dan yang sangat mengejutkan," kata Henri.

Henri merasa sangat bangga ada puluhan anggotanya yang menjadi marshal. Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa personelnya siap membantu pebalap yang mengalami kecelakaan.

"Ini sebuah kejutan, Dorna sebagai panitia lomba di sini memilih kita dengan ada 20 personel yang menjadi marshal flag, menjadi seorang marshal ini ada kependidikan khusus," kata Henri.

Selain siaga di dalam area sirkuit, pihaknya juga mendirikan pos-pos di pantai maupun di bukit-bukit untuk melakukan penjagaan jika suatu ketika penonton atau masyarakat membutuhkan bantuan kedaruratan.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/20/110517278/mitigasi-motogp-mandalika-kepala-basarnas-kami-siapkan-2-helikopter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke