Salin Artikel

Mengenal Pulau Moyo Sumbawa, Pulau yang Pernah Jadi Tempat Liburan Putri Diana hingga Mick Jagger

KOMPAS.com - Pulau Moyo terletak di utara Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Secara administratif, Pulau Moyo terletak di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumabawa.

Pulau Moyo memiliki luas 350 km2, pulau ini diampit hamparan laut lepas dengan pemandangan pantai berpasir putih dan perairan yang tenang.

Pulau Moyo merupakan destinasi eksklusif untuk kalangan papan atas.

Beberapa pesohor dunia tercatat telah berkunjung ke tempat ini.

Pada tahun 1993, Putri Diana berkunjung ke Pulau Moyo untuk menenangkan diri, karena rumah tangganya dengan Pangeran Charles tidak harmonis.

Selain itu, sejumlah artis kenamaan juga berkunjung ke tempat ini, seperti Mick Jagger, vokalis Rolling Stones dan David Bowie, penyanyi dan penulis lagu.

Pulau Moyo terkenal dengan air terjunnya dan pantai berpasir putih yang sepi dan tenang.

Kondisi Umum Pulau Moyo

Pulau Moyo ditunjuk sebagai kawasan Konservasi Taman Buru dan Taman Wisata Alam Laut melalui SK Menteri Kehutanan No 308/Kpts - II/1986 tanggal 29 September 1986.

Luas Taman Buru 22.250 ha dan Taman Wisata Alam Laut 6.000 ha.

Pengelolaan Kawasan Konservasi ini dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat, Kementerian Kehutanan Republik Indonesia.

Wilayah dasar perairannya yang dangkal umumnya ditumbuhi berbagai jenis koloni karang dengan pola penyebaran yang bervariasi, antara mengelompok dan patchy coral serta merupakan habitat berbagai bioda karang.

Pada perairan yang dangkal dapat ditembus sinar matahari. Hal ini menyebabkan tumbuhnya berbagai biodata dasar perairan menjadi subur.

Pulau Moyo terletak di daerah strategis, yaitu diantara obyek wisata lain seperti Gili Matra (Lombok), Taman Wisata Alam Pulau Satonda (Bima- Dompu) dan Taman Nasional Komodo.

Obyek Wisata dan Air Terjun Mata Jitu

Berbagai destnasi wisata terdapat di Pulau Moyo, diantaraya Air Terjun Mata Jitu, Air Terjun Sengalo, Air Terjun Diwu Mbai, Pantai Tanjung Pasir, dan Pantai Tekat Sagele.

Air Terjun Mata Jitu

Salah satu air terjun yang sangat terkenal, yaitu Air Terjun Mata Jitu yang dijuluki Queen Waterfall.

Nama dalam ejaan bahasa asing disematkan lantaran air terjun tersebut pernah dikunjungi Putri Diana.

Air Terjun Mata Jitu memiliki banyak stalaktit dan stalagmit yang menghiasi permukaan air terjun.

Ada empat undak dan tujuh kolam yang menyusun air terjun ini, sesuai dengan namanya "Mata Jitu" yang bermakna air terjun yang jatuh ke kolam di bawahnya.

Amanwana Resort

Amanwana Resort merupakan akomodasi super mewah berkelas dunia yang menawarkan sensasi bermalam di tenda glamping.

Terdapat sekitar 12 tenda glamping yang menempati area seluas 32 ribu hektar.

Resort dikelilingi oleh hutan rindang yang asri dengan pemandangan Laut Flores yang indah. Berada di pulau terpencil ini, privasi para tamu sangat terjamin.

Amanwana Resort terletak di tengah hutan tropis dan laut Sumbawa.

Resort terletak di lokasi yang sama dengan habitat sejumlah satwa langka, seperti paus, penyu sisik, penyu hijau, dan ikan kakatua.

Tamu yang menginap dapat menimati panorama bahari laut di Pulau Moyo dengan snorkeling atau diving. Aktivitas lainnya berupa memancing dan kayak.

Akomodasi ini memiliki dua tipe yang ditawarkan, yaitu Jungle Tent yang berada di tengah hutan dan Ocean Tent yang berada di tepian lautan.

Walaupun, akomodasi berada di pulau terpencil namun fasilitas yang tesedia tidak kalah dengan wilayah kota. Resort dilengkapi dengan internet gratis-wifi.

Harga sewa per malam tergolong mahal, yaitu Rp 20 juta. Harga sewa tersebut termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Akses Menuju Pulau Moyo

Akses menuju Pulau Moyo tergolong sulit, wisatawan harus menggunakan perahu motor carteran selama 1,5 jam dari Pantai Jembatan Polak di Kota Sumbawa Besar menuju Labuan Aji di Pulau Moyo.

Setelah sampai, wisatawan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek ke arah destinasi Air Terjun Mata Jitu yang berjarak 15-30 menit. Sehingga, total perjalanan bisa lebih 2 jam.

Sumber: http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/p
http://kkji.kp3k.kkp.go.id/inde

https://regional.kompas.com/read/2022/03/16/221446378/mengenal-pulau-moyo-sumbawa-pulau-yang-pernah-jadi-tempat-liburan-putri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke