Salin Artikel

Kodam Pattimura Sebut Oknum TNI yang Tembaki Rekannya dan Anggota Brimob, Kondisinya Depresi Berat

Menurut Adi, Pratu R diduga mengalami tekanan kejiwaan yang berat.

Pelaku penembakan saat ini sudah ditahan dan sedang menjalani pemeriksaan di Sub Denpom Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

“Pelaku saat ini berada di Sub Denpom Masohi dalam proses penyelidikan dan pemeriksaan kesehatan kejiwaannya karena diduga pelaku mengalami depresi akut sehingga melakukan tindakan yang mestinya tidak dilakukan,” ungkap Adi kepada wartawan di markas Korem 151 Binaya, Ambon, Rabu (16/3/2022).

Dia mengungkapkan lantaran diduga mengalami tekanan kejiwaan tersebut, pelaku nekat menembaki rekannya sendiri hingga terluka parah dan juga menembaki oknum Brimob yang sedang melintas di depan Pos Satgas Desa Liang hingga tewas.

Adapun kedua korban, Prada Raju dan Bharaka FA tertembak di bagian dada. Saat ini kondisi Prada Raju dalam kondisi kritis di RSUD Masohi.

“Tadi saya sampaikan karena depresi temannya sendiri ditembaki, kena tembak,” ujarnya.


Kronologi

Dari informasi yang dihimpun, sebelum insiden penembakan terjadi, Pratu R sempat berbincang dengan komandannya Letda Arh Firlanang di dalam pos.

Saat itu Pratu R meminta izin untuk pulang ke kampung halamannya di Jambi karena orangtuanya sedang sakit.

Setelah berbincang, komandannya kemudian masuk ke kamar untuk beristirahat.

Selanjutnya, Pratu R kemudian mengambil sangkur dan membongkar gudang senjata dan mengambil satu pucuk senjata api laras panjang jenis SS2P2 berserta amunisi.

Jelang beberapa saat pelaku kemudian menembaki komandannya dan tembakannya meleset.

Kemudian pelaku menembaki rekannya Prada R saat akan keluar dari pos sebelum akhirnya pelaku menembaki Bharaka FA yang melintas di depan pos tersebut.

Terkait informasi tersebut, Adi mengaku pihaknya masih mendalaminya.

“Sementara untuk masalah itu masih didalami jadi apakah kondisi depresi itu terkait dengan permasalahan yang lain nanti bisa diektahui setelah pemeriksaan kejiwaan,” katanya.

1 orang tewas

Diberitakan sebelumnya Pratu R, seorang oknum Satgas TNI BKO Batalion Arhanud 11/Wira Bhuana Yudha yang bertugas di Desa Liang, Kecamatan Waipia, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku menembaki rekannya Prada R.

Tak hanya itu dia juga menembaki seorang anggota Brimob Polda Maluku Bharaka FA pada Rabu (16/3/2022) dini hari.

Akibat insiden itu Prada R yang juga anggota Satgas TNI BKO Batalion Arhanud 11/Wira Bhuana Yudha harus dirawat intensif di RSUD Masohi karena mengalami luka parah.

Sedangkan Bharaka AF meninggal dunia di lokasi kejadian. 

https://regional.kompas.com/read/2022/03/16/131855178/kodam-pattimura-sebut-oknum-tni-yang-tembaki-rekannya-dan-anggota-brimob

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke