Salin Artikel

Banten Duduki Peringkat Kelima Angka Stunting Terbanyak di Indonesia, Ada 294.862 Balita

SERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 294.862 balita di Provinsi Banten mengalami stunting atau masalah gizi kronis.

Jumlah tersebut berdasarkan hasil survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) tahun 2021.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, Provinsi Banten menempati posisi kelima terbanyak balita stunting setelah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

Hasto menargetkan pada tahun 2024 tidak ada lagi daerah berstatus merah stunting di Provinsi Banten.

"Pemerintah Provinsi Banten ditagih komitmennya di tahun 2024 agar tidak ada kabupaten dan kota di wilayah Banten yang berstatus merah," ujar Hasto melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Menurut Hasto, secara nasional target penurunan angka stunting sebesar 14 persen.

Maka, laju penurunan stunting per tahun harus di angka 3,4 persen.

Disebutkan Hasto, Banten merupakan salah satu dari 12 provinsi prioritas yang memiliki prevalensi stunting tertinggi di tanah air tahun ini.

Berdasarkan data, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak berada pada kategori zona stunting kuning dengan prevalensi 20 hingga 30 persen.

Untuk Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang masuk pada kategori zona stunting hijau dengan prevalensi 10 sampai 20 persen.

Sedangkan Kabupaten Pandeglang masuk katagori zona merah stunting karena prevalensinya 37,8 persen atau jumlah stunting terbanyak se-Banten.

"Tidak ada satu pun kabupaten atau kota di Banteng berstatus biru yakni dengan prevalensi di bawah 10 persen," ujar Hasto.

Adapun penyebab tingginya angka stunting disebakan ketersediaan sanitasi dan jamban yang tidak layak, selain asupan gizi selama masa kehamilan dan proses tumbuh kembang anak.

"Stunting bukanlah kutukan, padahal stunting bisa dicegah sedini mungkin," kata Hasto.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/07/191640578/banten-duduki-peringkat-kelima-angka-stunting-terbanyak-di-indonesia-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke