Salin Artikel

Sempat Diguyur Hujan, Umat Hindu Kota Semarang Tetap Khusyuk Berdoa Saat Upacara Tawur Agung Kesanga

Meski sempat diguyur hujan, namun ratusan umat Hindu di Kota Semarang tetap khidmat mengikuti ritual doa pada malam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944.

Protokol kesehatan pun diterapkan secara ketat, dan jumlah umat dibatasi selama prosesi satu hari menjelang Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 3 Maret 2022.

Salah satu umat Hindu asal Kota Semarang, Nyoman Adviani (28) mengungkapkan pelaksanaan ibadah bersama berjalan dengan lancar.

"Engga ada halangan, walaupun sempat hujan pas sore menjelang magrib kita tetap khusyuk. Syukurnya sudah reda pas sembahyang bersama pukul. 19.00-21.00 WIB," kata Nyoman ditemui usai sembahyang, Rabu (2/3/2022).

Ia berharap Hari Raya Nyepi tahun ini seluruh umat yang merayakan selalu diselimuti kedamaian.

"Nyepi tahun ini berharap tetap menjalaninya dengan baik, semuanya lancar dan semoga kita selalu damai," ungkapnya.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang, Nengah Wirta Dharmayana mengatakan Hari Raya Nyepi tahun ini mengusung tema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh.

"Harapannya kita tangguh hadapi Covid-19, perbedaan, polarisasi. Mudah-mudahan tangguh hadapi situasi Covid-19 dan polariasi bangsa dan belahan dunia Eropa sana bisa hidup damai, hidup jagat kita aman damai," tegasnya.

Ia menjelaskan pelaksanaan sembahyang umat Tawur Agung Kesanga dibatasi jumlahnya 75 persen atau sekitar 200 orang dari Kota Semarang.

"Tawur Agung Kesanga hari ini (Rabu) diikuti umat Hindu khusus Kota Semarang. Kita perkenankan 75 persen dari kapasitas. Kita laksanakan seperti biasa," kata Nengah.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/03/063650478/sempat-diguyur-hujan-umat-hindu-kota-semarang-tetap-khusyuk-berdoa-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke