Salin Artikel

Penanganan Gempa di Pasaman dan Pasbar, Pemerintah Sepakat Perbaiki Rumah Warga Bersama-sama

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, untuk rumah dengan rusak ringan ditangani oleh pemerintah kabupaten, rusak sedang ditangani pemerintah provinsi, dan rusak berat akan diperbaiki oleh pemerintah pusat.

"Dalam waktu 14 hari masa tanggap darurat ini, kita selesaikan pendataan kerusakan rumah milik warga, sehingga usai masa tanggap darurat pemerintah fokus pada masalah tempat tinggal warga," ucap Audy dalam jumpa pers secara daring oleh BNPB, Sabtu (26/2/2022).

Hal ini disambut baik oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto.

"Harapan kami masa tanggap darurat 14 hari ini tidak lagi diperpanjang. Pihak provinsi beserta kabupaten sudah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah kebencanaan dalam masa tanggap darurat ini," ucap Suharyanto.

Baik itu, sambungnya, pencarian orang hilang, penanganan pengungsi dan pendataan fasilitas umum serta rumah warga yang rusak.

Ia juga berharap dengan didirikannya posko tanggap bencana, diharapkan setiap harinya ada evaluasi yang disampaikan kepada BNPB di pusat maupun pemerintah di daerah.

Sementara itu, hingga Sabtu (26/2/2022) sore ini, korban tewas gempa di dua kabupaten sebanyak 10 orang, dengan rincian empat orang di Kabupaten Pasaman Barat, dan enam orang di Kabupaten Pasaman.

Kemudian sebanyak empat orang masih dinyatakan hilang di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Selain itu, sekitar 10.000 orang dilaporkan mengungsi di beberapa titik pengungsian yang disediakan pemerintah.

Distribusi bantuan

Bupati Pasaman, Benny Utama menyatakan hingga Sabtu sore sudah banyak bantuan yang berdatangan namun belum tersebar secara merata karena akses lokasi yang sulit.

"Kendala ini kami usahakan akan secepatnya diatasi karena lokasi yang sulit," ucap Bupati Pasaman Benny Utama.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi juga menyatakan hal yang sama.

"Saat ini sudah banyak bantuan yang kami terima. Barusan dari BNPB sebanyak Rp 500 juta, kemudian dari wali kota Pariaman dan kepala daerah lainnnya. Semoga bantuan ini segera terdistribusi langsung ke tangan masyarakat, karena lokasi ke Nagari Kajai masih macet," harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/26/220156578/penanganan-gempa-di-pasaman-dan-pasbar-pemerintah-sepakat-perbaiki-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke