Salin Artikel

Pemakaman dan Penghormatan Terakhir bagi Brigpol Faisal, Polisi yang Tertembak Saat Konflik di Pulau Haruku

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes menjadi inspektur upacara, dan Kompol Syarifuddin sebagai komandan upacara.

Hadir dalam upacara pemakaman, Pejabat Utama Polda Maluku serta Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease beserta jajarannya.

Penghormatan terakhir

Pemakaman ditandai dengan tembakan salvo dan penghormatan terakhir kepada almarhum Brigpol Anumerta Mohamad Faisal Akmi Heluth.

Wakapolda dalam sambutannya menyampaikan rasa duka dan belasungkawa yang mendalam atas kepergian almarhum.

Atas nama Polda Maluku dan pribadi Jan juga menyampaikan kepada keluarga almarhum agar dapat mengikhlaskan kepergian almarhum.

"Kepada keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan iman dalam menghadapi ini dan ikhlas melepas jenazah almarhum menghadap Tuhan Yang Maha Esa," pintanya.

Jan mengaku semasa hidup dan bertugas sebagai anggota polisi, almarhum telah mengabdikan diri bagi kepentingan bangsa dan negara melalui Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Jabatan terakhir almarhum yaitu Bintara Polsek Pulau Haruku, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. 


"Kini almarhum menghadap Tuhan Yang Maha Esa untuk selama-lamanya. Karena itu Polri sungguh merasa kehilangan mengingat almarhum merupakan salah satu sosok anggota Polri yang patut dibanggakan dan ditauladani dalam pelaksanaan tugas sehari-hari," sebutnya.

Jan mengakui jika almarhum dalam tugasnya memiliki disiplin, semangat juang yang tinggi, sabar dan tekun menjalankan tugas yang diemban kepadanya.

"Untuk itu atas nama pimpinan polri memberikan penghargaan dan terima kasih kepada almarhum. Semoga jasa baikmu mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa sebagai amal ibadah bagi almarhum," tandasnya.

Berharap adik gantikan jadi polisi

Di tempat yang sama, Dr. Riadh Uluputty, mewakili keluarga almarhum Brigpol Mohamad Faisal Heluth, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda, Wakapolda Maluku, dan Kapolresta Ambon beserta jajarannya.

Sebab mereka telah memberikan perhatian penuh saat almarhum dirawat baik di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon hingga dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Polri, Kramat Jati, Jakarta.

"Kami keluarga mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolda dan Kapolri atas menaikan pangkat setingkat lebih tinggi kepada almarhum menjadi Brigadir Anumerta," katanya.

Pihak keluarga, kata Riadh, berharap, posisi almarhum dapat diganti dengan adiknya untuk mengabdi kepada negara sebagai anggota Polri. 

"Kami keluarga sudah kehilangan almarhum kami mohon kiranya bisa diganti dengan adiknya untuk mengabdi sebagai anggota Polri," pintanya.

Riadh juga berharap kiranya anak-anak almarhum yang ditinggalkan dapat diberikan bantuan berupa santunan dalam menghadapi hidup di masa-masa mendatang.

"Keluarga juga memohon maaf apabila almarhum di lingkungan kerja mungkin membuat kehilafan, kesalahan. Dan jika ada hutang piutang yang dilakukan almarhum mohon kiranya dapat menghubungi kami selaku keluarga untuk diselesaikan," pintanya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/23/131642778/pemakaman-dan-penghormatan-terakhir-bagi-brigpol-faisal-polisi-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke