Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Wakil Wali Kota Tegal Masuk Daftar Penerima Bansos Kemensos | 8 Santri Tewas akibat Kebakaran

KOMPAS.com - Berita Wakil Wali Kota Tegal Jumadi masuk dalam data penerima manfaat bentuan sosial (Bansos) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menjadi perhatian publik.

Dalam laman cekbansos.kemensos.go.id, nama Jumadi tercatat sebagai penerima bansos di wilayah Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Terkait dengan itu, Jumadi pun mengaku heran mengapa namanya bisa masuk.

Sementara itu, berita delapan santri tewas akibat kebakaran di Pesantaren Miftahul Khoirot, Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat, juga menjadi perhatian publik.

Korban tewas masih anak di bawah umur berusia 7 sampai 13 tahun.

Berikut berita populer nusantara selengkapnya:

Wakil Wali Kota Tegal Jumadi mengaku heran mengapa namanya bisa masuk. Padahal, sambungnya, ia sebelumnya tidak pernah didata apalagi mengusulkan.

"Saya tidak pernah didata, tidak ada seorang pun yang mendata saya untuk masuk ke DTKS," kata Jumadi di Balai Kota Tegal, Senin (21/2/2022).

Terkait dengan itu, Jumadi akan meminta klarifikasi dari Dinas Sosial setempat.

"Saya akan meminta konfirmasi ke Dinsos. Saya akan tanya ke kepala dinas. Saya rasa kepala dinas harus bisa memberikan penjelasan kenapa bisa seperti itu. Bukan untuk menyalahkan namun mencari solusi terbaik terkait masalah itu," ungkapnya.

 

Sebanyak delapan orang santri tewas setelah terjadi kebakaran di Pesantren Miftakhul Khoirot, Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (21/2/2022).

Selain korban jiwa, dua orang dilaporkan mengalami terluka. Semua korban masih di bawah umur.

"Delapan meninggal, dua luka-luka," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Rohmat di lokasi kejadian, Senin.

Korban saat ini dibawa ke RSUD Karawang.

"Korban luka sudah dibawa duluan ke RSUD," kata Kapolres Kawarang AKBP Aldi Subartono di lokasi kejadian.

 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi buka suara soal penemuan 1,1 juta kg minyak goreng yang diduga ditimbun di sebuah gudang di Deli Serdang.

Dari informasi yang didapat Edy, minyak goreng di gudang tersebut bukan ditimbun.

Minyak goreng yang ada di gudang tersbeut setiap dua hari sekali didistribusikan ke rumah makan, mal, dan lainnya.

Selain itu, Edy juga mendapat penjelasan kenapa ada banyak minyak goreng di gudang tersebut.

Menurut informasi yang didapatnya, karena proses distribusi minyak goreng tidak setiap hari.

"Ini kan akan dicek, dipelajari kepastiannya oleh hukum. Tapi yang saya dengar, bahwa itu (minyak goreng) keluar masuk, waktu (distribusi) dua hari (sekali). Keluar masuk minyak gorengnya, dari tempat tersebut," katanya.

 

Nur Lela kaget setelah tahu bahwa rumah yang disewanya di Desa Sumber Lele, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, ternyata milik Bupati nonaktif Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin.

Dia baru tahu pemilik rumah setelah petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) datang dan menyita rumah itu karena diduga terkait kasus yang menyeret Puput Tantrian.

"Saya bingung, mau pindah dari rumah itu secepatnya karena sudah disita. Setelah tiga tahun di sini, baru kali ini saya tahu pemilik sebenarnya," ujar Nur Lela, Minggu (20/2/2022).

Nur Lela mengaku mengontrak rumah tersebut atas saran temannya. Selama ini dia merasa nyaman tinggal di kontrakan itu.

 

Huja deras dan angin kencang terjadi di wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (21/2/2022) sore. Bukan itu saja, sebagian warga melaporkan wilayahnya diguyur hujuan disertai es.

Beberapa wilayah yang diguyur hujan es antara lain wilayah Kecamatan Lakarsantri, Kecamatan Wiyung, Kecamatan Tandes, Kecamatan Pagesangan, dan beberapa wilayah di Surabaya Barat.

Salah seorang warga bernama Ainur Rofik, sempat mengabadikan hujan es di sekitar kantornya, Jalan Ahmad Yani Surabaya.

"Di kantor saya juga turun hujan es sebesar ibu jari," katanya saat dikonfirmasi, Senin.

Sementara itu, warga Jalan Wiyung, Devinta juga mengabadikan video hujan es di depan rumahnya.

"Suaranya keras sekali saat es jatuh di atap rumah," terang Devinta saat dihubungi.

 

Sumber: KOMPAS.com (Penulis : Tresno Setiadi, Farida Farhan, Daniel Pekuwali, Achmad Faizal | Editor : Abba Gabrillin, Dheri Agriesta, Teuku Muhammad Valdy Arief, Andi Hartik, Gloria Setyvani Putri)

https://regional.kompas.com/read/2022/02/22/062800378/-populer-nusantara-wakil-wali-kota-tegal-masuk-daftar-penerima-bansos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke