Salin Artikel

3 Penumpang KM Labobar Diketahui Positif Covid-19 Saat Berlabuh di Ternate

KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), melaksanakan tes usap antigen kepada seluruh penumpang kapal Pelni KM Labobar yang masuk ke Kota Ternate melalui Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Minggu (20/2/2022). Hasilnya, sebanyak tiga orang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes tersebut.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ternate Ihsan Hamzah mengatakan, awalnya Satgas mendapatkan informasi bahwa ada penumpang kapal Pelni KM Labobar yang datang dari Papua positif Covid-19. Pihaknya langsung mengawasi pelabuhan dan melaksanakan tes usap antigen kepada seluruh penumpang yang tiba di pelabuhan.

"Sebanyak 170 penumpang yang tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate berhasil dites usap antigen oleh tim kesehatan dari Satgas, tiga orang di antaranya positif Covid-19, semuanya pelaku perjalanan dari Papua," kata Ihsan seperti dikutip Antara, Minggu.

Ihsan yang merupakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate mengatakan, dua dari tiga orang yang positif Covid-19 itu akan melanjutkan perjalanan ke daerah Gurapin dan Oba, Kota Tidore Kepulauan. Sedangkan satu orang lainnya akan menuju ke Kabupaten Pulau Morotai.

Saat ini, ketiga orang itu sedang menjalani masa karantina di hotel corner. Mereka sedang dalam pengawasan tim Satgas setempat.

"Kita isolasi mereka dulu, untuk antisipasi mereka tidak kontak dengan pihak keluarga maupun kerabat lain, setelah itu kita akan berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19, baik di Kota Tidore Kepulauan maupun Kabupaten Pulau Morotai, sehingga mereka kita akan izinkan kembali ke daerah asal dengan diawasi oleh tim Satgas setempat," katanya.

Satgas Covid-19 mencatat, per tanggal 19 Februari 2022 terdapat penambahan kasus Covid-19 sebanyak 54 orang di Kota Ternate. Dengan begitu, tambahan kasus Covid-19 di awal tahun 2022 tercatat 231 orang.

Adapun jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kota Ternate sejak selama pandemi sebanyak 3.186 orang.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/21/085521878/3-penumpang-km-labobar-diketahui-positif-covid-19-saat-berlabuh-di-ternate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke