Salin Artikel

Usai Tepergok Selingkuh, Kader PKS Mundur dari Anggota DPRD: Akan Usaha Kecil-kecilan

Pada Agustus 2021, IF yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu kedapatan bersama wanita lain yang telah memiliki suami di Desa Kutakembaran, Kecamatan Garawangi, Kuningan.

"Muncul surat keputusan atas sikap pengunduran diri, saya terima dengan lapang dada. Sebab, sejak dari awal itu saya taat kepada partai hingga membuat pernyataan tersebut," ujar IF saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Rabu (16/2/2022).

Sejak kasus perselingkuhannya terungkap di publik, ia mengaku sudah berniat untuk mengundurkan diri. Sikap itu sebagai wujud taat pada PKS.

"Iya, ketaatan saya pada partai itu dengan membuat pernyataan pengunduran diri," kata dia.

"Sebenarnya, pengunduran itu untuk mereda suasana terjadi pada saat itu, namun sewaktu saya kan dilarang komentar atau statement apa pun," tambah dia.

Setelah mundur dari Anggota DPRD Kuningan, IF mengaku akan kembali memulai usaha.

"Ya, kalau memang berhenti dari anggota dewan, saya kembali ke masyarakat dan akan usaha kecil-kecilan. Kebetulan saat ini saya sedang di Sumatera membiasakan jalannya usaha punya keluarga," ujar IF.

Mundur dari jabatannya, posisi IF digantikan rekannya sesama kader PKS, Ikhsan Marzuki.

"Ya, untuk saat ini saya sedang membereskan persyaratan-persyaratan menghadapi pelaksanaan agenda PAW di DPRD Kuningan. Terutama tentang pemberkasan LHKPN dari KPK," ungkap Ikhsan Marzuki, Rabu (16/2/2022).

Ikhsan mengaku sebelumnya telah menerima undangan dari partai dan tentang munculnya kemunduran salah seorang anggota dewan.

"Iya saya sudan menghadap partai, dimana banyak pertanyaan, terutama tentang kesiapan saya dalam mengikuti agenda PAW nanti," ujarnya.

Hal tersebut diungkapkan Delegasi DPD PKS yang juga anggota DPRD Kuningan, yakni Dede Sudrajat pada Kamis (12/8/2021).

“Adanya surat pernyataan ini tentu membuat kami kaget, tadi sekitar jam 2 atau 14.00 lebih sedikit, saya kedatangan IF.Ia memberikan sebuah surat pernyataan mundur dari anggota dewan,” kata Dede saat itu.

Dede mengatakan surat pernyataan tersebut dibuat agar tak ada polemik di masyarakat.

“Iya, kami terkejut sebelumnya. Namun pembuatan pernyataan itu sebagai clear dan clearing sehingga tidak terjadi polemik pro dan kontra di masyarakat,” ujarnya.

Padahal, kata Dede, penanganan permasalahan ini masih dalam proses. DPD PKS pun belum mendapat surat pernyataan dari bersangkutan.

“Sebenarnya, untuk penanganan ini masih dalam proses dan surat pernyataan dari IF juga tersampaikan ke DPD. Ini surat baru saya terima dan DPD pun belum,” kata Dede saat iti.

Dede mengaku mengapreasi sikap bertanggungjawab yang telah dilakukan oleh IF.

“Saya rasa ini sebagai bahan pembelajaran bagi orang atau politisi lain dengan cara dan bersikap gentle seperti ini. Saya baru menemukan seorang gentle seperti begini,” katanya.

“Iya saya tidak menduga, semoga ini menjadi pengalaman dan proses yang sangat berharga bagi kita semua,” tambah dia.

Berikut surat pengunduran diri IF yang ditulis pada Agustus 2021.

SURAT PERNYATAAN

Iyus Firdaus

"Berkenaan dengan beredarnya berita di media tentang saya, dangan ini dari lubuk hati yang paling dalam memohon maaf yang sebesar besarnya, khususnya keluarga tercinta, Keluarga besar dan Jajaran Pengurus DPD PKS Kuningan, Jajaran DPRD Kab Kuningan dan masyarakat pada umumnya.

Walaupun kabar yang beredar tidak semuanya benar sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan menjaga nama baik keluarga, lembaga DPRD dan Partai Keadilan Sejahtera, saya menyampaikan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kuningan.

Sekali Lagi saya mohon maaf lahir batin telah melukai dan mengecewakan semuanya,

Terima Kasih atas supportnya, mohon doa agar ke depan saya lebih baik lagi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mundur dari Anggota DPRD Kuningan Usai Kepergok Selingkuh, Kader PKS Ini Mau Usaha Kecil-Kecilan

https://regional.kompas.com/read/2022/02/17/134300578/usai-tepergok-selingkuh-kader-pks-mundur-dari-anggota-dprd-akan-usaha-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke