Salin Artikel

Perayaan Cap Go Meh di Solo Dirayakan Sederhana, Tidak Ada Kirab Liong dan Barongsai

Perayaan hanya diselenggarakan di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, dihadiri hanya beberapa tamu undangan saja.

Padahal sebelum pandemi Covid-19, setiap Cap Go Meh ada kirab liong dan barongsai tolak bala yang melewati beberapa ruas jalan di Kota Solo.

Sedangkan tahun ini, hanya ada satu pertunjukan barongsai dan dilanjutkan dengan pertujukan tarian, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat

Tak lepas dari perayaan Cap Go Meh seperti setiap tahunnya, perayaan tetap melakukan doa bersama dari enam agama yang melebur saling bertoleransi.

Selain itu, lampion yang dipasang di Kawasan Pasar Gede dan Balai Kota Solo sempat dimatikan dan dinyalakan beberapa jam saja, juga di copot setelah acara Cap Go Meh di Balai Kota Solo selesai.

"Sudah direncanakan seperti ini (sederhana) dulu kan sepanjang Gladag hingga Pasar Gede penuh lampion. Ini lampion singa (shio) cuma satu di depan, kadang lampu lampionnya juga kita matikan, agar tidak menimbulkan kerumunan," jelas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selasa (15/2/2022).

Meski diselanggarakan secara sederhana, Gibran dengan adanya puncak perayaan Imlek ini berharap Kota Solo mendapatkan keberkahan.

"Semoga membawa berkah untuk kita semua warga Solo dan pandemi cepat berakhir," harapnya.


Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) Wymbo Widjaksono mengaku perayaan Cap Go Meh kali memang tak semeriah seperti biasanya. 

Namun patut disyukuri karena tetap diselanggarakan di tengah pandemi Covid-19.

"Memang kita memenuhi permintaan pak wali mengadakan ini. Sebetulnya kan kita membatasi diri juga lah karena pandemi ini.  Kita rayakan sesederhana mungkin. Dan memang ini tadi tidak terlalu berkerumun, acara juga lancar," jelas Wymbo, Selasa (15/2/2022).

"Yang penting itu, tidak mengurangi maknanya. Karena masih pandemi, pembatasan kegiatan juga perlu," lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/055757978/perayaan-cap-go-meh-di-solo-dirayakan-sederhana-tidak-ada-kirab-liong-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke