Salin Artikel

Lagi! 2 Pemuda Jepara Tewas Usai Tenggak Gingseng Oplosan Berbahan Etanol dan Pewarna Makanan

JEPARA, KOMPAS.com - Minuman keras oplosan yang dikenal dengan sebutan "gingseng" kembali menelan korban jiwa di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kali ini, dua pemuda asal Kecamatan Pecangaan yakni NA (17) dan KA (20) tewas usai menenggak oplosan maut tersebut.

Sebelumnya, sembilan pemuda tewas bergilir usai pesta miras oplosan di warung angkringan Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo pada akhir Januari lalu.

Kasat Reskrim Polres Jepara AKP M Fachrur Rozi mengatakan, sebelum insiden nahas itu terjadi, kedua korban datang ke salah satu bengkel kendaraan, tempat usaha temannya di wilayah Kecamatan Pecangaan, pada Kamis (10/2/2022) malam.

Kedua korban yang telah membeli oplosan di wilayah Kecamatan Kalinyamatan tersebut kemudian menggelar pesta miras bersama teman-temannya di bengkel tersebut sekitar pukul 22.30 hingga pukul 00.00.

Selesai menenggak oplosan, kedua korban lantas pulang ke rumah dalam keadaan teler hingga kemudian petaka itu terjadi.

"Korban datang ke bengkel Naufal kemudian pesta miras oplosan jenis ginseng. Korban NA sempat dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Mayong dalam keadaan koma dan tanggal 11 Februari pukul 15.30 dinyatakan meninggal. Disusul korban KA meninggal tanggal 12 Februari pukul 18.30 di rumahnya," terang Rozi, saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Selasa (15/2/2022).

Rozi mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, gingseng maut tersebut ternyata merupakan hasil racikan etanol, air mineral dan pewarna makanan.

"Jenis gingseng oplosan sama dengan kasus sebelumnya. Kami masih melakukan serangkaian pemeriksaan. Keterangan saksi, mereka tenggak oplosan satu botol besar untuk berempat," kata Rozi.

Buntut kasus oplosan tersebut, jajaran Polsek Pecangaan kemudian merazia sejumlah warung miras di wilayah hukumnya dan menyita ratusan botol miras berbagai jenis.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/15/113358378/lagi-2-pemuda-jepara-tewas-usai-tenggak-gingseng-oplosan-berbahan-etanol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke