Salin Artikel

2 Tempat Isolasi bagi Pasien Covid-19 di Kota Padang

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat menyiapkan dua tempat isolasi bagi masyarakat yang membutuhkan dan terpapar Covid-19.

Tempat isolasi tersebut yaitu Asrama Haji Padang dan perumahan nelayan di kawasan Koto Tangah.

Saat ini, Pemkot Padang baru membuka Asrama Haji Padang sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19.

Sedangkan perumahan nelayan baru akan dibuka apabila asrama haji tersebut telah melebihi kapasitas untuk menampung pasien.

Jumlah pasien yang berada di Asrama Haji Padang hingga Kamis (10/2/2022) sendiri saat ini berjumlah 3 orang menjalani karantina dari 276 tempat tidur yang tersedia di tempat isolasi tersebut.

"Untuk saat ini tempat isolasi yang ada adalah asrama haji. Namun jika sudah tidak tertampung di asrama haji itu, maka kita akan membuka kembali rumah nelayan untuk tempat isolasi. Sebelumnya rumah nelayan itu juga tempat isolasi pasien Covid-19," kata Kepala BPBD Kota Padang Barlius dihubungi melalui telepon, Kamis.

Barlius mengatakan, warga untuk mendapatkan akses karantina di asrama haji ataupun rumah nelayan sendiri, pasien harus mendapatkan surat rekomendasi dari dokter atau puskesmas.

"Tim dari puskesmas maupun dokter di rumah sakit sudah punya kriteria sendiri untuk pasien yang akan dikarantina dan menjalani isolasi mandiri di rumah," terang Barlius.

Barlius pun mengimbau masyarakat Kota Padang untuk mematuhi protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar virus Corona.

"Selalu gunakan masker ketika keluar rumah, jaga jarak, tidak berkerumun dan tingkatkan imun tubuh agar tidak terpapar virus Corona," ujarnya.


Peningkatan kasus signifikan

Sementara itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Padang, terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 dalam dua hari terakhir secara signifikan.

Adapun pada Selasa (8/2/2022) terjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 98 orang.

Sedangkan di hari berikutnya penambahan kasus positif sebanyak 145 orang.

Secara keseluruhan, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Padang selama pandemi hingga Kamis (10/2/2022) ada sebanyak 42.794 kasus, dengan rincian pasien sembuh sebanyak 41.799 orang dan meninggal sebanyak 555 orang.

Sementara itu jumlah kasus aktif ada sebanyak 440 orang.

Kasus tersebut meliputi kondisi bergejala sebanyak 194 kasus, dengan rincian 14 orang dirawat di rumah sakit, 177 isolasi mandiri, dan 3 orang menjalani karantina.

Sedangkan yang tanpa gejala sebanyak 246 kasus dengan rincian empat orang dirawat dan 242 orang isolasi mandiri.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/10/161655278/2-tempat-isolasi-bagi-pasien-covid-19-di-kota-padang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke