Salin Artikel

Ombudsman Jateng Minta Polisi Lebih Humanis dalam Pengamanan di Desa Wadas

KOMPAS.com - Ombudsman Jawa Tengah meminta pihak kepolisian bertindak lebih humanis dalam melakukan pengamanan terkait pengukuran lahan pembangunan Bendungan Bener di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah.

"Ombudsman meminta kepada Kepolisian untuk bertindak lebih humanis dalam melakukan pengamanan,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah, Siti Farida, Kamis (10/2/2022).

Saat ini, pihaknya tengah melakukan investigasi menyusul adanya laporan masyarakat terkait proses pengamanan kepolisian dalam pengukuran lahan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Pihaknya menduga ada maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Ombudsman Jateng akan melakukan investigasi atas prakarsa sendiri atau own motion investigation sesuai Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia.

Pihaknya akan mendalami dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan potensi maladministrasi yang terjadi terkait tindakan pengamanan oleh pihak kepolisian dalam peristiwa di Desa Wadas.

"Dalam waktu dekat akan meminta keterangan kepada Polda Jateng, Polres Purworejo, Kanwil BPN Jawa Tengah, Kantah ATR/BPN Purworejo, Pemprov Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Purworejo, dan perwakilan warga masyarakat," ujar dia.

Para pihak yang berkonflik diharapkan dapat mengedepankan musyawarah dan tidak menggunakan kekuatan sehingga dapat diselesaikan secara progresif.

“Saat ini, kami belum bisa memberikan penjelasan lebih lanjut karena masih dalam proses pengumpulan data dan informasi awal untuk memetakan potensi maladministrasi,” ungkap dia.

(KOMPAS.COM/RISKA FARASONALIA)

https://regional.kompas.com/read/2022/02/10/101147478/ombudsman-jateng-minta-polisi-lebih-humanis-dalam-pengamanan-di-desa-wadas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke