Salin Artikel

"Jika Lihat Polisi Duduk-duduk Saja, Laporkan ke Saya"

Dia menilai, keberadaan polisi tidak bisa digantikan oleh peralatan teknologi secanggih apa pun.

Ia pun meminta kepada masyarakat agar melapor kepadanya jika melihat polisi hanya duduk-duduk saja

"Walaupun ada (kamera) E-TLE, walaupun ada CCTV, itu hanya alat pembantu. Saya perintahkan semua (personel) harus menyebar. Dan apabila masyarakat ada melihat polisi banyak duduk-duduk saja, padahal di lokasi itu membutuhkan kehadirannya, laporkan ke saya," ujar Iqbal, usai memberikan penghargaan kepada Bripka Oktavianus Yusbar, Senin (7/2/2022).

Irjen Iqbal pun meminta semua personel untuk meniru Bripka Oktavianus yang berhasil meringkus dua penjahat.

Seperti diketahui, Oktavianus awalnya hendak melaksanakan tugas pengamanan unjuk rasa, Jumat (4/2/2022), sekira pukul 08.00 WIB.

Dalam perjalanan, tepatnya di di dekat Simpang Arkom, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Oktavianus tiba-tiba mendengar teriakan masyarakat yang meminta tolong karena ada jambret.

Oktavianus mencoba menangkap para penjambret dengan menendang motor pelaku. Kedua pelaku jatuh begitu juga dengan Oktavianus.

Warga yang melihat kejadian itu kemudian mencoba membantu menangkap para penjahat.

"Naluri itu tentunya dipersiapkan sejak awal, sejak dia menjadi anggota Polri. Dia background-nya adalah personel Brimob. Sehingga dengan kemampuan taktis, Bripka Oktavianus Yusbar melakukan upaya paksa kepolisian terbatas, dengan tindakan tegas terukur, menabrakkan sepeda motornya, menghentikan dua pelaku pencurian dengan kekerasan jambret. Dua sekaligus terhenti, lengkap dengan barang buktinya," tutur mantan Kadiv Humas Polri ini.

"Ini akan menjadi trigger (penggerak) bagi semua anggota kepolisian, agar mencontoh Bripka Oktavianus Yusbar. Tidak sedikit anggota kepolisian, oknumlah, yang melihat kecelakaan kecil saja, pura-pura tidak tahu. Dan ini adalah contoh yang baik. Saya perintahkan semua personel Polda Riau harus mencontoh Bripka Oktavianus Yusbar ini," sebutnya.


Cerita heroik Oktavianus berbanding terbalik dengan kisah seorang anggota polantas dari Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel).

Anggota polantas itu dibebastugaskan karena mengabaikan korban tabrak lari di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/12/2021).

Pengabaian itu diketahui setelah video mobil Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) terlihat melintas begitu saja saat ada korban tabrak lari yang tergeletak di jalan.

Berdasarkan pemeriksaan Provost Polda Sulsel, polisi itu meninggalkan korban dengan  alasan sedang terburu-buru.

Dia mengaku ditunggu anggota Satuan PJR Ditlantas Polda Sulsel di Kabupaten Sinjai yang akan memakai mobil dinas tersebut untuk melakukan pengawalan ke Kota Makassar.

Pasalnya, mobil dinas Satuan PJR lainnya yang digunakan sedang rusak dan berada di bengkel di Kabupaten Sinjai.

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul: Kapolda Riau Irjen Iqbal : Kalau Melihat Polisi Banyak Duduk-Duduk Saja Lapor Ke Saya

https://regional.kompas.com/read/2022/02/07/185534478/jika-lihat-polisi-duduk-duduk-saja-laporkan-ke-saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke