Salin Artikel

Kasus Covid-19 Meningkat, Presiden Jokowi Disebut Batal Hadiri HPN di Kendari

KENDARI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut batal membuka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang digelar di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (9/2/2022).

Selain membuka Hari Pers Nasional, Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan penanaman mangrove dan melepasliarkan satwa endemik Sulawesi, anoa dan rusa di Taman Nasional Rawa Anopa Watumohai.

Ketua Panitia Lokal HPN 2022 Kendari, Nur Endang Abbas mengungkapkan, karena batal hadir di Hari Pers Nasional, Presiden rencananya akan membuka acara secara virtual di Istana Negara di Jakarta.

"Hasil rapat terakhir, Presiden tidak datang, lewat virtual. Ini mungkin karena kondisi Covid-19 naik, tidak diwakili sambutan Presiden tetap di Istana Negara," kata Endang.

Endang mengatakan, persiapan HPN sudah matang, dan semua kegiatan pada 3 poin penting, seperti penanaman mangrove sekitar Teluk Kendari, pelepasan liar anoa dan rusa dan puncak acara peringatan HPN itu sendiri.

Karena Presiden batal datang, beberapa jadwal kegiatan harus diatur ulang, salah satunya kunjungan ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW).

"Akan dijadwalkan kembali, karena Bapak Presiden Jokowi akan hadir secara langsung setelah Covid-19 mereda," ungkap Endang.

Sementara tamu undangan lainnya seperti para menteri dan duta besar, belum bisa dipastikan sebab panitia masih menunggu konfirmasi.

Untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19, lanjut Endang, pihak panitia telah mengantisipasi setiap peserta yang hadir dalam kegiatan itu harus dilakukan antigen.


"Peserta atau tamu yang datang di HPN dari luar Sultra sudah kantongi antigen negatif virus Covid-19 dan juga dalam kegiatan-kegiatan workshop serta seminar-seminar. Termasuk panitia juga sudah dilakukan pemeriksaan," kata Endang.

Pihaknya juga telah mempersiapkan ruangan isolasi jika ada peserta yang terinfeksi virus Covid-19. Ia berharap agar semua peserta HPN selalu menjaga protokol kesehatan.

"Terakhir kemarin saya dapat datanya ada 28 kasus positif Covid-19, apakah varian baru Omicron, kami belum tahu karena sampelnya masih dikirim ke laboratorium kesehatan," tutup Endang. 

Rangkaian kegiatan peringatan HPN 2022 di Kendari, Sultra diselenggarakan mulai tanggal 6 - 9 Februari 2022.

Gubernur Sultra Ali Mazi telah membuka pameran HPN sekaligus pameran UMKM di lokasi eks MTQ Kendari pada Sabtu (7/2/2022) malam.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/07/083731678/kasus-covid-19-meningkat-presiden-jokowi-disebut-batal-hadiri-hpn-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke