Salin Artikel

Tinggalkan Kodam XVIII Kasuari, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa: Tanah Papua adalah Tanah Diberkati

Mantan Danjen Kopasus itu kini akan menduduki jabatan baru sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pangkogabwilhan III dengan menyandang pangkat Letnan Jenderal.

"Tanah Papua merupakan tanah yang diberkati, Terima kasih atas ketulusan dan kebaikan seluruh masyarakat di tanah ini," kata Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Rabu (2/2/2022) dalam acara pisah sambut Pangdam yang dihadiri Forkopimda Papua Barat.

Semasa menjabat Pangdam XVIII Kasuari, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa berhasil membangun sejumlah infratruktur penting di Markas Kodam.

Misalnya lapangan tembak yang diberi nama Lodwijk Mandacan, sebagai bentuk penghargaan kepada orangtua dari Gubernur Papua Barat.

Selain itu dalam pengabdiannya, Cantiasa juga berhasil membuat tempat olahraga bagi prajurit Kodam, kemudian diresmikan oleh Panglima TNI Jendral Andika Perkasa awal Januari

Kodam VXIII Kasuari kini baru berusia lima tahun dengan empat kali masa kepemimpinan Pangdam.

Meski demikian pembangunan infrastruktur di masa Pangdam Cantiasa berlangsung dengan masif, seperti Barak Kowad TNI AD, rumah susun bagi prajurit Kodam dan perumahan bagi perwira.

Kemudian lapangan olahraga 4 in one yang diberi nama MS Rumagesan, salah satu pahlawan dari Papua Barat.

"Dengan usia Kodam yang baru lima tahun berdirii kami optimis membangun dari segala aspek dan Puji Tuhan kini telah dilanjutkan serta kami mohon dirawat oleh penerus kami," tutur Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.


Sebagai penerus Mayjen TNI Gabriel Lema bertekad merawat dan melanjutkan apa yang telah diletakkan oleh pendahalunya

"Terus terang, saya melihat sederet prestasi yang telah ditorehkan Pak Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, saya agak deg-degan apakah saya bisa seperti yang ia persembahkan," kata Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema dalam acara pisah sambut Pangdam

Meski demikian, mantan Kasdam XVI Pattimura itu bertekad akan melanjutkan apa yang telah ditorehkan pendahulunya.

"Sebagai Prajurit saya harus bisa dan itu merupakan tekad kami," katanya.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyampaikan selamat atas prestasi dari Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

"Terima kasih atas dedikasi di tanah kami, tanah ini diberkati semoga kelak pak mantan Pangdam mendapat keberkahan" kata Gubernur Dominggus Mandacan.

Dia juga mengucapkan selamat datang bagi Pangdam baru.

"Kami ucapkan selamat datang, ini daerah kami penuh damai dan semoga kita bersinergi membangun dari berbagai aspek" harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/02/195325278/tinggalkan-kodam-xviii-kasuari-letjen-tni-i-nyoman-cantiasa-tanah-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke