Salin Artikel

Ada yang Reaktif Covid-19, PTM di 11 Sekolah di Kota Ambon Dihentikan

AMBON, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Ambon, Maluku, menuntup sementara proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sejumlah sekolah di Kota Ambon. Hal itu menyusul adanya siswa yang reaktif setelah menjalani tes cepat antigen.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinandus Taso menjelaskan, proses pembelajaran di sejumlah sekolah yang siswanya diketahui reaktif Covid-19 akan dikembalikan ke pembelajaran jarak jauh dengan skema daring.

“Sesuai dengan yang diatur dalam SKB 4 menteri, hari ini dilakukan surveillance berupa tes antigen pada 12 sekolah yang melaksanakan PTM terbatas. Dari 12 sekolah ini, ada (siswa dan guru) sekolah yang reaktif dan ada yang tidak,” kata Ferdinandus kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (31/1/2022).

Dia menjelaskan, dari 12 SMP yang diambil acak untuk tes cepat antigen, hanya satu sekolah yang hasilnya semuanya non-reaktif, yakni SMP Santo Andreas di Ahuru. Sementara 11 sekolah lainnya ditemukan ada warga sekolah yang reaktif.

“Sebagai langkah antisipasi, walaupun hasil tes swab PCR belum keluar oleh Dinas Kesehatan, namun yang reaktif ini kita ambil keputusan untuk ditutup PTM tetapi metodenya kita rubah menjadi pembelajaran jarak jauh selama 14 hari kedepan,” jelasnya.

Pihaknya tidak merinci jumlah warga sekolah yang reaktif dari 11 sekolah itu dengan alasan menjaga mental siswa dan supaya PTM bisa kembali digelar.

“Ini dilakukan untuk melindungi mental para siswa serta untuk kepentingan yang lebih besar yaitu PTM itu sendiri agar dapat berlangsung dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy menjelaskan, warga sekolah yang reaktif tidak hanya guru dan siswa, namun juga ada tenaga pengamanan di sekolah.

“Hasil antigen reaktif akan dilanjutkan dengan tes swab PCR, berdasarkan pengalaman 90 persen hasil tes antigen reaktif sudah pasti PCR akan positif,” jelas Pelupessy.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/31/180642178/ada-yang-reaktif-covid-19-ptm-di-11-sekolah-di-kota-ambon-dihentikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke