Salin Artikel

Waspada Omicron, Gubernur Riau Minta RS Rujukan Pastikan Stok Obat

Hal ini menyusul adanya satu orang warga Kota Pekanbaru terpapar Covid-19 varian Omicron, saat pemeriksaan di Batam, Kepulauan Riau.

"Kami harapkan kiranya semua rumah sakit rujukan menyediakan obat-obatan, sebagai bentuk waspada penyebaran varian Omicron," ucap Syamsuar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Ia berkata, menjaga ketersediaan stok obat-obatan di seluruh rumah sakit ini merupakan bentuk kesiapan pemerintah bersama tim medis di Provinsi Riau, apabila terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Riau.

"Ini bagian kesiapan kita kalau terjadi lonjakan kasus dan kita sudah siap," ujar Syamsuar.

Selain menjaga stok obat, Syamsuar juga mengimbau masyarakat Riau untuk meningkatkan vaksinasi.

Vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadi gejala berat jika terpapar Covid-19.

"Kita juga menyampaikan, khususnya kepada masyarakat Riau agar meningkatkan vaksinasi, terutama vaksinasi booster," kata Syamsuar.

Ia mengungkapkan, vaksinasi booster juga perlu untuk ditingkatkan terutama kepada lansia termasuk warga yang rentan, yaitu terhadap warga yang kegiatannya banyak dan juga melibatkan banyak orang.

"Ini juga sudah seharusnya mereka divaksin booster yang ketiga kali ini," ujar Syamsuar.

Untuk itu, Syamsuar mengatakan agar rumah sakit di kabupaten dan kota di Riau untuk menyediakan stok vaksin dan menerima masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi.

"Diharapkan agar semua rumah sakit yang ada di kabupaten dan kota, termasuk rumah sakit rujukan, mereka harus sudah siap sedia menerima vaksinasi," kata Syamsuar.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/31/114716478/waspada-omicron-gubernur-riau-minta-rs-rujukan-pastikan-stok-obat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke