Salin Artikel

Datang ke Pulau Haruku, Kapolda Janji Selesaikan Akar Masalah Bentrokan Warga

Pertemuan yang berlangsung di rumah Raja Negeri Pelauw ini merupakan bagian dari upaya mediasi yang dilakukan untuk mengakhiri bentrok antarwarga di wilayah tersebut.

Adapun pertemuan itu membahas berbagai hal termasuk upaya menyelesaikan masalah sengketa tanah di perbatasan kedua desa.

Kapolda pun mengajak warga yang hadir dalam pertemuan itu untuk berpikir tenang dan tidak lagi terprovokasi dengan berbagai isu menyesatkan.

“Kedatangan kami ke sini sebagai bentuk kehadiran negara dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga negara,” kata Kapolda dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Latif mengimbau warga agar tetap tenang dan dapat menjaga situasi keamanan yang sudah kondusif di wilayah tersebut.

“Kami meminta warga untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi, dan mudah-mudahan masalah ini bisa segera diselesaikan,” harapnya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu mengaku keinginan masyarakat untuk membangun pos pengamanan secara permanen di setiap perbatasan desa, telah menjadi pertimbangannya sejak awal. Keinginan itu akan dipenuhi dalam waktu dekat.

“Kami menyetujui keinginan masyarakat untuk menyelesaikan masalah batas tanah secara hukum, agar tidak lagi terjadi persoalan yang sama secara berulang,” katanya.

Dalam pertemuan itu, warga Ori dan Pelauw sepakat berdamai. Asalkan, sumber masalah yang selama ini sering terjadi, yakni batas tanah, dapat diselesaikan secara hukum yang berlaku.

Sebelumnya, bentrok antara dua desa bertetangga di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah pecah pada Rabu (26/1/2022).

Bentrokan yang diduga dipicu oleh masalah sengketa lahan itu menyebabkan sebagian rumah warga di Desa Kariuw hangus dibakar massa.

Bentrokan juga menyebabkan tiga warga meninggal dunia dan dua warga lainnya terluka, termasuk seorang anggota polisi.

Untuk mencegah bentrok terus berlanjut, aparat TNI Polri kini telah diterjunkan ke wilayah itu guna menyekat perbatasan kedua desa bertetangga tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/27/140402778/datang-ke-pulau-haruku-kapolda-janji-selesaikan-akar-masalah-bentrokan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke