Salin Artikel

Kembali ke PPKM Level 1, Kabupaten Semarang Genjot Vaksin Booster

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah antisipasi agar tidak ada klaster dan penambahan jumlah kasus Covid-19.

"Saat ini kami masih terus menyiapkan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan rumah isolasi terpusat sebagai bentuk upaya siap siaga jika ada lonjakan kasus Covid-19. Kami terus mengimbau masyarakat agar taat prokes meski sudah menerima vaksin booster, agar Covid-19 tidak kembali naik," jelasnya, Kamis (20/1/2022).

Ngesti mengungkapkap mulai Rabu (19/1/2022) juga sudah mulai dilakukan vaksinasi booster Covid-19.

"Hari pertama penyuntikan dilakukan secara serentak di 19 kecamatan melalui puskesmas. Pemerintah Kabupaten Semarang mendapatkan alokasi Vaksin sebanyak 47.500 dosis vaksin Moderna, 47.000 didistribusikan ke seluruh puskesmas dan 500 dosis akan menjadi cadangan," ungkapnya.

Ngesti Nugraha menjelaskan vaksinasi booster menyasar warga lanjut usia dan warga berusia 18 tahun ke atas diprioritaskan bagi mereka yang rentan terpapar Covid-19.

Sebelumnya Pemkab Semarang telah melakukan vaksinasi booster kepada tenaga kesehatan.

Meskipun vaksinasi booster telah dilaksanakan, Pemkab Semarang juga terus melakukan jemput bola kepada masyarakat yang belum menyelesaikan vaksinasi Covid-19 dosis 1 maupun dosis 2.


"Saat ini vaksinasi lansia telah mencapai 78 persen dan kami terus lakukan jemput bola agar semua target sasaran bisa kami selesaikan. Sementara pelajar juga kita terus lakukan percepatan dengan berikan layanan vaksin setiap hari, saat ini sudah 74 persen, " ujarnya.

Sub Koordinator Surveilans dan imunisasi Dinas Kesehatan dr Satria Indra Kusuma menambahkan, persediaan vaksin terdiri dari 6.1545 dosis vaksin Moderna, 1.000 dosis Astra Zeneca dan 26.940 Pfizer.

“Warga yang menerima vaksin Sinovac untuk dosis pertama dan kedua akan menerima booster Moderna dosis penuh. Selain itu bisa menerima setengah dosis Astra Zeneca atau Pfizer,” rincinya.

Sedangkan warga yang menjalani vaksinasi dosis 1 dan 2 dengan vaksin Astra Zeneca akan menerima booster vaksin Moderna setengah dosis.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/20/104307578/kembali-ke-ppkm-level-1-kabupaten-semarang-genjot-vaksin-booster

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke