Salin Artikel

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Blora Ditargetkan Rampung Akhir Februari

Dari total sasaran 73.239 anak usia tersebut, vaksinasi dosis pertama ditargetkan selesai pada akhir Februari mendatang.

"Harapannya kami dosis 1 clear semua di akhir Februari untuk anak-anak, dosis kedua ya mengikuti," ucap Kepala Dinkes Kabupaten Blora, Edi Widayat saat ditemui Kompas.com di Rumah Dinas Bupati Blora, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, sampai saat ini capaian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun telah mencapai lebih dari 15 persen untuk dosis satu vaksin Sinovac.

Jadwal-jadwal vaksinasi telah dilakukan di sejumlah sekolah dasar yang ada di Kabupaten Blora.

"Jadwal, masing-masing puskesmas sudah koordinasi dengan korwil pendidikan di masing-masing tingkat kecamatan," kata dia.

Eks Camat Todanan tersebut juga memastikan stok vaksin sangat mencukupi bagi anak-anak sekolah dasar.

"Stok vaksin sementara aman masih tersedia, karena vaksin untuk anak-anak kan hanya vaksin Sinovac yang lain tidak," terang dia.

Selain memastikan stok vaksin tersedia, Edi mengungkapkan hampir tidak ada kendala yang dialami dalam memberikan kekebalan tubuh bagi anak-anak usia 6 sampai 11 tahun tersebut.

"Selama ini kami melihat tidak ada kendala di dalam anak-anak, karena sasaran sudah ada, semua mayoritas ada di sekolah dasar sehingga sasaran ngumpul sehingga tinggal kita advokasi pada bapak ibu guru di sekolah untuk menyampaikan sosialisasi kepada orang tua," jelas dia.

"Kalau memungkinkan orang tua diharapkan untuk mendampingi atau minimal memberikan persetujuan vaksinasi pada anaknya," imbuh dia.


Tak hanya Pemkab Blora, pihak kepolisian juga terus menggencarkan vaksinasi bagi anak-anak usia tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran forum komunikasi pimpinan kecamatan (forkopimcam) wilayah Cepu.

Setidaknya, ada 229 anak sekolah dasar mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang dilakukan di SDN 3 Cepu, pada Senin (17/1/2022) kemarin.

"Alhamdulilah antusias anak-anak bagus. Sampai saat ini setidaknya ada 229 anak di SDN 3 Cepu yang sudah mendapatkan vaksinasi," kata Kapolsek Cepu, AKP Agus Budiana.

Kekompakan petugas gabungan terlihat jelas, saat mengamankan situasi serta membantu menertibkan antrian, bahkan tak jarang anggota Polsek dan Koramil membantu menenangkan anak-anak yang takut untuk disuntik.

"Kita jalin sinergi dengan petugas yang ada. Dan vaksinasi ini akan terus kita lakukan sehingga kegiatan belajar tatap muka bisa berjalan sehat bebas Covid-19," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/18/085931478/vaksinasi-anak-6-11-tahun-di-blora-ditargetkan-rampung-akhir-februari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke