Salin Artikel

Warga Tasikmalaya Mulai Menerima Vaksin Booster

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Tasikmalaya mulai memberikan vaksin dosis ketiga atau booster secara gratis kepada masyarakat di Bale Kota Tasikmalaya pada Jumat (14/1/2022).

Sebanyak 500 vaksin booster jenis AstraZeneca telah diberikan dalam waktu beberapa jam kepada warga yang bekerja melakukan pelayanan publik terlebih dahulu.

"Namun, ada syaratnya yakni warga harus sudah mendapatkan vaksin kedua minimal 6 bulan lalu sesuai anjuran dari Kemenkes. Baru mereka bisa mendapatkan vaksin booster atau ketiga. Kita hari ini perdana disediakan ada 500 vaksin booster jenis AstraZeneca," jelas Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, di Bale Kota Tasikmalaya, Jumat (14/1/2022).

Asep menambahkan, kuota vaksin booster ini merupakan stok dahulu yang ternyata sesuai dan bisa dipakai sebagai vaksin dosis ketiga sesuai anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Adapun sampai sekarang pihaknya masih menunggu pengiriman vaksin ketiga dari Pemerintah Pusat untuk pelaksanaan kembali vaksinasi booster massal.

"Sasaran terlebih dahulu adalah para warga lanjut usia (lansia) dan warga yang memiliki pekerjaan rentan penularan atau pelayanan publik nantinya. Baru nanti akan diberikan kepada warga umum disesuaikan dengan kuota yang nantinya diterima oleh Kota Tasikmalaya," tambah Hendra.

Adapun bagi warga yang belum minimal 6 bulan menerima vaksin kedua belum bisa mendapatkan vaksin booster sesuai anjuran Kemenkes.

Sehingga, pihaknya pun nanti akan melakukan pengecekan pendataan ulang untuk mengetahui jumlah warga yang berhak mendapatkan vaksin booster.

"Nah, kita juga akan mendata lagi jumlah sasaran penerima vaksin booster yang telah minimal 6 bulan mendapatkan vaksin kedua sebelumnya. Nanti akan muncul berapa jumlahnya dan vaksin booster dari pemerintah pusat pun diyakini akan mencukupinya bagi warga Kota Tasikmalaya," tambahnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/14/154313278/warga-tasikmalaya-mulai-menerima-vaksin-booster

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke