Salin Artikel

Tinjau Bendungan Bintang Bano, Menteri PUPR: Ini yang Terbesar Kapasitas Tampungnya di NTB

Bendungan Bano akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (14/1/2022).

Basuki menyampaikan, Bendungan Bintang Bano akan menjadi bendungan ketiga di NTB yang diresmikan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Tanju pada 2018 dan Bendungan Mila pada 2019.

"Bendungan Bintang Bano ini juga yang terbesar dari sisi kapasitas tampungnya di NTB dengan volume 76 juta meter kubik," kata Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu.

Basuki mengatakan, terdapat enam bendungan di NTB yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Jokowi.

"Setelah Bendungan Tanju dan Mila, tiga Bendungan yakni Beringin Sila, Tiu Suntuk dan Meninting kini tengah dibangun," kata Basuki.

Keenam bendungan itu merupakan bagian dari 61 bendungan yang dibangun di seluruh Indonesia. Pembangunan bendungan itu sesuai visi dan misi Presiden Jokowi untuk ketahanan pangan.

"Bendungan multifungsi Bintang Bano manfaatnya untuk irigasi lahan pertanian seluas 6.700 ha, di mana  4.200 ha dulunya tadah hujan dan belum diolah dengan baik. Diharapkan dengan adanya bendungan ini akan bisa ditanami padi 2 kali dalam setahun," kata Basuki.

Bendungan Bintang Bano dibangun dengan anggaran sebesar Rp 1,44 triliun. Bendungan itu juga diproyeksikan sebagai salah satu upaya mengantisipasi banjir di Kabupaten SUmbawa Barat sebanyak 35 persen.

"Berdasarkan laporan dari Pak Bupati Sumbawa Barat dan Wakil Bupati, saat terjadi hujan besar di daerah Taliwang, Sumbawa Barat sudah tidak terjadi banjir lagi. Apalagi nanti kalau Bendungan Tiu Suntuk selesai juga akan menambah daya kendali banjir," tutur Basuki.

Bendungan ini juga difungsikan untuk pemenuhan kebutuhan air baku untuk tujuh kecamatan di Sumbawa Barat berkapasitas 550 liter/detik.

"Juga terdapat potensi penghasil listrik dari tenaga air sebesar 6,6 MW, dan juga belum nanti ditambah panel surya terapung (floating panel). Terakhir sudah pasti potensi pariwisata, untuk itu insyaAllah peresmiannya dengan menaiki perahu naga," kata Basuki.

Basuki mengingatkan agar penghijauan terus dilakukan di wilayah bendungan.

"Termasuk bagian tebing yang dibeton juga ditanami tanaman merambat agar kembali alami," imbaunya.

Basuki menambahkan, terdapat sembilan bendungan yang akan diresmikan pada 2022. Salah satunya Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa dengan kapasitas 27 juta meter kubik.

"Sesuai rencana kontrak akan selesai pada tahun 2022 dengan progres saat ini 70 persen," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/12/221712378/tinjau-bendungan-bintang-bano-menteri-pupr-ini-yang-terbesar-kapasitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke