Salin Artikel

Pemkot Solo Masih Tunggu Petunjuk Pemerintah Pusat untuk Vaksin Covid-19 Booster

"Kita menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Dalam hal ini, adalah Kemenkes," kata Kepala Dinas Kesehatan Solo Siti Wahyuningsih di Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/1/2022).

Menurut Ning, sapaan akrabnya, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis. Di sisi lain pihaknya juga masih menyelesaikan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Ning mengatakan jumlah target vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Solo sebanyak 57.000 anak.

"Ini sudah 61,5 persen, setara dengan 27.708. Minggu depan harus mulai dosis dua," ungkap Ning.

Mengenai kendala vaksinasi anak, kata Ning relatif tidak ada. Meski demikian, kuota setiap hari tidak bisa banyak karena bersamaan dengan bulan imunisasi anak sekolah (BIAS), sehingga harus menunggu selama empat minggu terlebih dahulu, sebelum anak divaksin.

"Relatif tidak ada kendala tetapi kita tidak bisa ngebut banget. Seperti minggu ini banyak faskes kosong, tetapi tidak bisa dilaksanakan, karena banyak sekolah belum masuk. Dengan BIAS belum jarak 4 minggu. Dosis dua juga belum bisa. Jadi minggu ini relatif tidak bisa ngebut," ungkap Ning.

Lebih lanjut Ning menyampaikan seandainya vaksinasi dosis tiga tetap dilaksanakan 12 Januari 2022 harus siap, meski tenaga kesehatan harus terpecah menyelesaikan vaksin anak.

Rencananya, Pemkot Solo akan bekerja sama dengan TNI/Polri dalam pelaksanaan vaksinasi booster.

"Siap tidak siap harus siap. Nanti akan diatur. Tetapi, saya tidak bisa meninggalkan siswa. Ini belum selesai. Lalu ada tambahan lain. Kita juga bisa kerja sama dengan TNI/Polri," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/07/145955078/pemkot-solo-masih-tunggu-petunjuk-pemerintah-pusat-untuk-vaksin-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke