Salin Artikel

Bentuk Tim Investigasi, Pemkab Gresik Cari Tahu Penyebab Jembatan Kacangan Ambruk

Kepala Dinas PUTR Gresik Achmad Hadi mengatakan, tim yang dibentuk berjumlah tujuh orang. Mereka terdiri dari pegawai Dinas PUTR Gresik, tim ahli perguruan tinggi, dan konsultan perencana yang disupervisi oleh Asisten Pembangunan dan Ekonomi Setda Pemkab Gresik.

"Dinas PUTR melalui tim teknis dan dibantu tim ahli dan disupervisi oleh Bapak Asisten Pembangunan dan Ekonomi, sejak Senin kemarin telah melaksanakan pemetaan (mapping) alur Kali Lamong di sekitar jembatan dengan drone," ujar Hadi saat dikonfirmasi, Selasa (21/12/2021).

Hadi menjelaskan, tim ini bakal terus bekerja untuk mengungkap penyebab ambruknya Jembatan Kacangan yang dibangun pada 2002. Proses investigasi akn berlangsung hingga akhir tahun ini.

"Pelaksanaan secara simultan dengan proses perencanaan. Tahapan sampai akhir bulan untuk identifikasi dan evaluasi penyebab patahnya jembatan, di awal tahun dilanjutkan dengan perencanaan jembatan baru," kata Hadi.

Namun untuk pelaksanaan di lapangan, jelas Hadi, bakal dilaksanakan secara bertahap dan menyesuaikan kondisi.

Termasuk, melakukan penelitian dan kajian yang nantinya dijadikan sebagai dasar pijakan untuk mendesain sekaligus membangun jembatan baru.

"Secara bertahap juga dilaksanakan penelitian kondisi tanah, dengan sondir dan boring di sekitar lokasi jembatan. Kajian terhadap faktor penyebab secara simultan, akan dijadikan dasar untuk perencanaan dan desain jembatan baru, agar tidak ada potensi maupun risiko seperti jembatan saat ini," tutur Hadi.

Jembatan Kacangan yang membentang di atas Kali Lamong itu menghubungkan Dusun Kacangan di Desa Bulurejo dengan Desa Gluranploso.

Jembatan itu tiba-tiba ambruk pada Minggu (19/12/2021) sore. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/21/134257178/bentuk-tim-investigasi-pemkab-gresik-cari-tahu-penyebab-jembatan-kacangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke