Salin Artikel

Hanya 2 Daerah di Kaltara yang Laksanakan Vaksinasi untuk Anak Usia 6 – 11 Tahun

"Vaksinasi untuk anak hanya akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen. Di Kaltara, baru Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan yang memenuhi kriteria dimaksud," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandi, Minggu (19/12/2021).

Pelaksanaan di dua daerah tersebut menyasar sekolah sekolah dan tempat tempat umum.

Satgas Covid-19 Kaltara, melakukan vaksinasi anak dengan cara jemput bola dan secara door to door.

Agust mengakui, banyak wilayah yang terisolir dan sulit terjangkau yang menjadi kendala pelaksanaan Covid-19 bagi anak. Sehingga wilayah tersebut menjadi prioritas.

"Memang banyak kendala karena masyarakat tersebar di wilayah wilayah sulit. Tapi tetap diupayakan mereka bisa mendapatkan layanan vaksinasi. Kami bekerja sama dengan BINDA, TNI dan Polri," imbuh Agust.

Data terakhir yang dibukukan Satgas Covid-19 Kaltara, capaian vaksinasi Kota Tarakan mencapai 80,79 % dan capaian untuk Lansia di angka 63,69 %.

Untuk Kabupaten Bulungan, capaian vaksinasi mencapai 78,16 % dengan pencapaian vaksin lansia sebesar 63,29 %.

"Vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun baru kita mulai, sementara ini capaian kita untuk Kota Tarakan sekitar 1,49 persen, sementara untuk Kabupaten Bulungan baru 0,59 persen," jelas Agust.

Lebih detail, Agust merincikan, vaksinasi anak di Kalimantan Utara ditargetkan untuk sekitar 72.154 sasaran.

Dari jumlah tersebut, target vaksinasi anak untuk Kota Tarakan sebanyak 25.235 sasaran. Dan untuk Kabupaten Bulungan sebanyak 15.085 anak.

"Tiga Kabupaten lain di Kaltara belum. Kita mengimbau untuk percepatan vaksin agar memenuhi kriteria untuk realisasi vaksinasi anak. Satgas Covid-19 Kaltara juga tetap melakukan pengawasan prokes dan pemeriksaan di pintu masuk Negara, terutama di Kabupaten Nunukan. Kami akan mengirim sampel ke Litbangkes jika ada yang dicurigai varian baru," kata Agust.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/19/123542478/hanya-2-daerah-di-kaltara-yang-laksanakan-vaksinasi-untuk-anak-usia-6-11

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke