Salin Artikel

Omicron Masuk Indonesia, Dinkes Sumsel: Tetap Disiplin Prokes

"Kementerian kesehatan tadi malam mendeteksi ada seorang pasien inisal N terkonfirmasi (varian) Omicron pada tanggal 15 Desember," ungkap Budi dalam konferensi pers, Kamis (16/12/2021).

Menurut dia, data pasien tersebut sudah dikonfirmasikan ke GISAID, dan sudah dikonfirmasikan kembali oleh GISAID bahwa memang laporan ini adalah varian Omicron.

Disebutkannya, pasien berinisial N adalah salah satu pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet.

Berkaitan dengan masuknya Omicron ke Indonesia, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nuraini mengingatkan untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan tidak abai. Cara ini untuk mengantisipasi penularan varian Omicron.

Selain itu, pemerintah Kabupaten kota pun tetap rutin menjalankan testing, tracing, dan treatment (3T) sebagai langkah awal mendeteksi virus Covid-19 varian baru.

“Pemerintah baik Pemprov/ Kabupaten kota tetap menjalankan 3T. Masyarakat harus tetap disiplin prokes baik di rumah, kantor, pasar tempat wisata maupun lintas sektor,” kata Lesty, Jumat (17/12/2021).

Lesty mengungkapkan, pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga telah menyiapkan skema baru dengan membuat surat edaran Gubernur dalam penanganan setiap varian baru Covid-19 termasuk Omicron.

Aturan itu nantinya akan lebih dulu dikaji sebelum diterapkan.

“Sumsel sampai sekarang masih aktif mengirimkan sampel untuk dilakukan pemeriksaan terhadap varian-varian virrus baru, agar bisa dideteksi lebih awal,” ujarnya.

Selain itu, Lesty pun mengimbau agar seluruh lokasi maupun sarana publik agar tetap bisa menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut untuk mencegah penularan varian baru Covid-19.

“Program vaksinasi sekarang juga masih berjalan untuk membentuk kekebalan komunal masyrakat. Warga juga kita imbau kurangi mobilisasi terlebih lagi saat nataru,”imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/17/094721378/omicron-masuk-indonesia-dinkes-sumsel-tetap-disiplin-prokes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke