Salin Artikel

PKS Pertimbangkan Istri Oded untuk Pengisi Wakil Wali Kota Bandung

Seperti diketahui, setelah Oded M Danial wafat, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana secara otomatis mengisi jabatan Wali Kota Bandung, meski masih berstatus sebagai pelaksana tugas (Plt).

Namun, apabila nantinya Yana dilantik sebagai wali kota definitif, maka jabatan Wakil Wali Kota Bandung akan kosong.

"Umi (Siti Muntamah) termasuk salah satu yang sangat dipertimbangkan," kata Khairullah saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kamis (16/12/2021).

Meski demikian, Khairullah mengatakan, ada banyak figur kader PKS yang bisa diusulkan.

"Yang jelas, pasti kader PKS. Semua yang kader PKS termasuk Umi, semua punya kesempatan," tutur Khairullah.

Selain itu, Khairullah memastikan bahwa PKS tidak mempermasalahkan apabila perempuan menjadi pemimpin.

"Namanya kepemimpinan di negeri kolektif kolegial, pemimpin enggak memimpin sendiri. Buktinya, di Berau wali kotanya perempuan dan kader PKS," kata dia.

Khairullah mengatakan, PKS dan Partai Gerindra sebagai partai pengusung pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana pada Pilkada Kota Bandung 2018 lalu telah sepakat bahwa jabatan wakil wali kota diisi oleh kader PKS.

"Mereka bilang, PKS yang merumuskan. Jadi perumusan dilakukan oleh PKS. Bisa jadi calonnya murni dari PKS," ujar Khairullah.

Selain itu, Khairullah mengatakan, Yana Mulyana sebagai pengganti Oded M Danial juga memiliki peran dalam memilih wakilnya, selain keputusan dari Dewan Syuro PKS.

Apalagi, harus ada hubungan baik yang terjalin antara wali kota dan wakil wali kota.

"Kita juga harus mendengar saran dari Plt Wali Kota, seperti apa inginnya, seperti apa kriterianya. Kalau enggak cocok, kasihan nanti dalam perjalanannya memimpin Bandung," kata Khairullah.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/16/172339678/pks-pertimbangkan-istri-oded-untuk-pengisi-wakil-wali-kota-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke