Salin Artikel

Catat, Ini Nomor Aduan apabila Alami Kekerasan Seksual

BANDUNG, KOMPAS.com - Berkaca pada kasus Herry Wirawan yang memperkosa 13 santriwati di Bandung, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyiapkan call center pengaduan sebagai langkah antisipasi penanganan dari hulu terkait kasus kekerasan seksual perempuan dan anak.

"Kami harapkan melapor ke call center kami, 129, atau melalui WhatsApp 08111129129, kami mohon kepada teman-teman semua mudah-mudahan ke depan, call center 129 itu bisa terintegrasi seantero nusantara," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Dikatakannya, penanganan dari hulu ini dinilai sangat penting untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa, seperti pemerkosaan yang dilakukan Herry Wirawan terhadap 13 korban santriwati.

Bintang pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama bergerak mencegah terjadinya kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak dan perempuan.

"Ini akan menjadi penting pencegahan harus menjadi penyelesaian terkait maraknya kasus ini. Terkait pencegahan, kami mengajak seluruh pihak, kementerian, lembaga, pemerintah daerah, lembaga masyarakat, lembaga agama, kita bergerak bersama," ucapnya.

Bintang mengatakan, bahwa animo masyarakat cukup tinggi dan memiliki harapan besar ketika anak-anaknya berada di lembaga pendidikan berbasis agama.

Untuk itu, pengawasan ketat dan baik harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kejadian serupa.

"Kami sudah dari Kanwil Kemenag, bagaimana kami juga sudah membangun dengan bapak Menag untuk mengawal ini, ke depan, untuk izin pendidikan berasrama ini akan lebih selektif lagi," tuturnya.

Adapun salah satu caranya yakni pemberian izin operasional lembaga pendidikan agama dan keagamaan harus dengan pengawasan berkala.

"Tentunya ketika izin diberikan ini harus diikuti dengan pengawasan yang berkala, sehingga kasus yang terjadi sekarang ini tidak akan terjadi lagi, maka ini akan jadi penting adalah pencegahan," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/15/172603178/catat-ini-nomor-aduan-apabila-alami-kekerasan-seksual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke