Salin Artikel

Gubernur Olly Gagas Karantina WNA di Pulau Bangka, Sekprov Sulut: Difasilitasi Pemerintah

Tempat karantina yang ditunjuk adalah Pulau Bangka, Minahasa Utara. Program tersebut dilaporkan sudah digagas Olly sejak Mei 2021 lalu.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara Gammy Kawatu mengatakan, WNA yang masuk lewat Manado difasilitasi pemerintah untuk karantina.

"Iya, difasilitasi pemerintah. Selain di sejumlah hotel ya di resor yang ada di sana (Pulau Bangka Minut)," kata Gammy saat dikonfirmasi Kompas.com via telepon, Selasa (14/12/2021).

Lanjut dia, WNA yang datang dari luar negeri wajib karantina 10 hari.

"Protokol kesehatan (prokes) tetap mereka lakukan saat karantina. Tidak ke mana-mana mereka," sebutnya.

Di Pulau Bangka, ada dua resor yang direncanakan menjadi tempat karantina, yakni Murex Resort dan Bastiaanos Resort.

Menurut dia, Pulau Bangka ditunjuk menjadi salah satu lokasi untuk karantina tentu sudah dilihat layak dan sudah dipertimbangkan secara matang.

"Ketika dijadikan obyek untuk tempat karantina tentu secara teknis sudah dilihat oleh satgas dimungkinkan untuk itu," ujar dia.

Di Pulau Bangka itu, pengawasan dari Satgas Covid-19 tetap dilakukan.

"Satgas melibatkan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan. Saat karantina, WNA juga bisa melihat obyek wisata di sana," sebut Gammy.

Program yang digagas Gubernur Olly Dondokambey itu, menurut Gammy, merupakan bagian dari inovasi.

"Suasana sekarang (pandemi Covid-19) kita tidak hanya sekadar bekerja hal-hal rutin, tapi kreativitas dan inovasi harus ada," katanya.

Program karantina di pulau, disebut menuai pujian dan dukungan dari berbagai pihak.

Tak tanggung-tanggung, itu datang dari sejumlah kelompok travel nasional maupun internasional, seperti ASITA, platform traveling Traveloka hingga sejumlah top Agent travel dari Singapura dan Malaysia.

Ketua Asita Sulut Merry Karouwan mengatakan, program yang digagas Gubernur Olly, sangatlah bagus. Pertama di Indonesia.

"Karena warga asing maupun Indonesia yang sejak Mei lalu diizinkan masuk melalui Bandara Sam Ratulangi, oleh Pak Gubernur ditawarkan melaksanakan karantina di dua resort di Pulau Bangka Likupang," ujar Merry.

"Hingga saat ini, semua tamu mengaku puas dengan layanan dan pelaksanaan karantina di Murex resort dan Bastianlanos di Bangka ini," lanjut Merry.

Hal senada diakui Daniel dari Traveloka. Daniel mengaku tertarik dengan program karantina di pulau ini.

Itu disampaikan Daniel dalam diskusi virtual yang dilaksanakan bersama sejumlah Agent ASITA Sulut, Kadis Pariwisata Sulut Henry Kaitjily dan Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel.

Sementara, menurut Merry Karouwan, pujian dari agen wisata Singapura dan Malaysia terungkap dalam webinar yang dilaksanakan pihaknya belum lama ini dengan 30 Agent dua negeri Jiran itu.

"Semua memuji karena karantina di pulau dengan resort yang cantik. Penanganannya pun profesional di Murex dan Bastiaanos," kutip Merry Karouwan.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/14/135935078/gubernur-olly-gagas-karantina-wna-di-pulau-bangka-sekprov-sulut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke