Salin Artikel

Kejar Capaian Vaksin 70 Persen di Riau, Polda Suntik 341.000 Warga dalam Sepekan

Hal ini dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi di atas 70 persen, seperti yang ditetapkan oleh pemerintah guna mencapai herd immunity.

Gerak cepat vaksinasi itu dilakukan oleh Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi setelah mengetahui bahwa Riau termasuk daerah yang terendah dalam capaian vaksinasi di Indonesia.

Hasilnya, dalam sepekan ini tercatat sudah 341.574 warga divaksin dari inisiatif Polda Riau bersama-sama dengan tenaga kesehatan (nakes) di 12 kabupaten dan kota.

"Alhamdulillah, selama lima hari ini kita geber, kita gerak cepat siang dan malam mengajak warga untuk vaksin. Hasilnya, ada penambahan jumlah warga yang divaksin sebanyak 6 persen," ungkap Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendy dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Berdasarkan data pada pekan lalu, dari 620.611 dosis vaksin yang ada di Provinsi Riau, 55 persen di antaranya atau 341.574 dosis telah berhasil diberikan ke warga dengan menggerakkan seluruh anggota kepolisian dan tenaga kesehatan.

Agung menceritakan, hingga Minggu (12/12/2021) malam, Polres dan jajaran Polsek masih melayani warga yang ingin divaksin.

"Contohnya di Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Kapolsek, dan tenaga kesehatan setempat masih berada di puskesmas untuk melayani warga hendak divaksin. Padahal, sudah jam sembilan malam," sebut Agung.

Tak hanya di Kerumutan, lanjutnya, Polsek Tambusai Barat di Kabupaten Rokan Hulu juga melakukan hal serupa.

Hingga pukul 20.30 WIB, warga masih berdatangan untuk vaksin. Kabar baiknya, target satu hari itu melakukan vaksinasi kepada 600 orang akhirnya terpenuhi.

Agung mengatakan, penambahan capaian vaksin sebesar 6 persen dalam kurun waktu tak sampai seminggu dilakukan dengan usaha keras.

Dua pekan lalu, capaian vaksinasi di Riau hanya 50,3 persen. Setelah gerak cepat, naik 6 persen menjadi 56,78 persen.

"Penambahan jumlah vaksinasi 6 persen dari minggu lalu 50,3 persen menjadi 56,78 persen, bukan datang begitu saja. Kita lakukan dengan usaha keras," kata Agung.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/13/165229078/kejar-capaian-vaksin-70-persen-di-riau-polda-suntik-341000-warga-dalam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke