Salin Artikel

Cerita Warga Sengaja Rusak Jalan Bypass Mandalika Pakai Ekskavator karena Banjir

LOMBOK TENGAH, KOMPAS com - Terdesak karena banjir yang menggenang kampungnya, sejumlah warga di Dusun Songgong, Desa Sukadana, Lombok Tengah, merusak jalan bypass  dari bundaran sirkuit Mandalika menuju Awang menggunakan ekskavator.

"Dirusak pakai ekskavator, kebetulan ada alat proyek sebelah dipinjam," ungkap salah satu warga Songgong, Dedi Irawan, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/12/2021)

Dedi menuturkan, warga membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk melakukan pembobolan jalan tersebut, agar air yang menggenangi rumahnya dapat mengalir ke pembuangan hilir.

Sebelumnya, warga terpaksa merusak jalan tersebut karena saluran irigasi tidak bisa menampung air hujan.

Warga terpaksa harus membongkar jalan agar airnya mengalir dengan lancar menuju pembuangan ke arah pantai, pada Jumat (10/12/2011) malam.

"Jadi, semalam itu jalannya dibongkar warga, kalau tidak dibongkar, air sama jalan rata, jadi setelah dibongkar airnya itu turun, sehingga posisi kampung itu aman, (itu) pendapat warga," kata Dedi.

Warga, kata dia, memilih merusak jalan tersebut karena terdesak dengan keadaan banjir yang mengancam keselamatan jiwa dan berpotensi merugikan.

"Pendapat warga tadi malam, ketimbang mati, kita rusak jalan saja," ungkap Dedi.


Dedi menuturkan, intensitas hujan saat itu sangat lama mulai sekitar pukul 19.00 Wita sampai pukul 04.00 Wita, yang membuat banjir di kampungnya hingga mencapai sekitar 2 meter.

Kepala BPJN NTB Reiza Setiawan sebelumnya juga telah membenarkan adanya warga yang melakukan perusakan jalan bypass bundaran Mandalika menuju Awang.

Warga berharap dengan itu dapat mempercepat air mengalir ke arah pantai, agar tidak mengakibatkan banjir.

"Masyarakat punya inisiatif membongkar jalan tersebut dengan harapan air mengalir begitu, jadi dibongkar oleh masyarakat," ungkap Reiza.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/11/190538278/cerita-warga-sengaja-rusak-jalan-bypass-mandalika-pakai-ekskavator-karena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke