Salin Artikel

Bagaimana Nasib 9 Bayi dari Korban Pemerkosaan Guru Pesantren di Bandung?

Akibat perbuatannya, delapan korban yang di bawah umur sudah melahirkan. Ada 9 bayi yang dilahirkan para korban pemerkosaan.

Lalu bagaimana nasib bayi-bayi yang dilahirkan tersebut?

Ketua P2TP2A Kabupaten Garut, Diah Kurniasari di kantornya, Kabupaten Garut, Kamis (9/12/2021) malam membenatkan delapan dari 12 santriwati itu ternyata sudah melahirkan bayi.

"Selama enam bulan ini semuanya sudah lahir.Tadi saya lihat di TV masih disebutkan dua korban masih hamil, tidak, sekarang semua sudah dilahirkan," jelas dia.

Dia mengatakan bayi-bayi yang dilahirkan tersebut semuanya sudah dibawa oleh para orangtua korban.

"Bayinya semuanya sudah ada di ibu korban masing-masing," kata Diah.

Sementara itu, para korban sedang menjalani proses penyembuhan trauma di Rumah Aman P2TP2A.

Selain korban, proses penyembuhan trauma itu juga diberikan kepada orangtua korban. Diah mengungkapkan, saat ini kondisi para korban sudah lebih kuat.

Menurutnya para korban masih di bawah umur. Rata-rata, usianya berkisar antara 13-15 tahun.

Diah mengatakan, di antara beberapa korban pun masih ada yang terkait persaudaraan. Para korban sebelumnya saling mengajak untuk bersekolah di pesantren tersebut.

"Kondisi korban saat ini Insyaallah sudah lebih kuat, kami sudah jauh-jauh hari mempersiapkan mereka selama ini untuk siap menghadapi media," katanya.

Mereka pun langsung melapor pada kepala desa dan diteruskan pada Polda Jawa Barat serta P2TP2A Kabupaten Garut, Juni 2021 lalu.

Karena tak semua orang tua mengetahui kasus tersebut, 2TP2A Kabupaten Garut memanggil mereka untuk diberi tahu masalah yang menimpa anak mereka di pesantren.

"Semua orang tua syok begitu mengetahui permasalahan yang menimpa anaknya. Setelah diberi pemahaman dan pendampingan, akhirnya para orang tua bisa menerima permasalahan tersebut," kata Diah.

AN (34), salah satu keluarga korban yang berasal dari Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, mengungkapkan modus pelaku.

Ia mengatakan, Herry kerap memaksan korban untuk segera kembali ke pesantren jika sedang pulang ke rumah.

"Anak gak pernah lama di rumah, lebih dari tiga atau lima hari si pelaku Herry langsung nelepon, dia nyuruh kembali ke pondok," ungkapnya, Kamis.

Kendati demikian, pihak keluarga tak menaruh curiga meski bertanya-tanya terkait ketatnya aturan pesantren.

"Kenapa sih kok ketat banget, tapi ya saat itu tidak berburuk sangka, ketat mungkin aturan yang udah diberlakukan oleh pihak pesantren," lanjutnya.

Menurut AN, keluarga korban memilih pesantren tersebut lantaran menawarkan pendidikan gratis.

Diketahui, Herry selama ini tinggal seorang diri di dalam pesantren itu. Sementara pengajar lainnya tinggal di rumah masing-masing.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Begini Nasib Bayi-bayi dari Korban Rudapaksa Guru Pesantren di Bandung, Dilahirkan dari 8 Santriwati

https://regional.kompas.com/read/2021/12/10/161600778/bagaimana-nasib-9-bayi-dari-korban-pemerkosaan-guru-pesantren-di-bandung-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke