Salin Artikel

Mengaku Istri Tentara hingga Polisi, Wanita Ini Tipu Sejumlah Orang hingga Rp 750 Juta, Begini Modusnya

Perempuan berinisial NRS (33), warga Kabupaten Purbalingga itu diduga telah melakukan penipuan terhadap sejumlah orang hingga Rp 750 juta.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry mengatakan, kasus tersebut terungkap dari laporan salah satu korban, Ifti (33), warga Purwokerto.

"Pelaku mengaku kepada korban akan menjual tanah di Bekasi senilai Rp 70 sampai 80 miliar. Namun karena sebagai istri tentara, pelaku kesulitan menerima uang dalam jumlah besar," kata Berry di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (7/12/2021).

Untuk itu, pelaku meminta kepada korban untuk membuka rekening bank atas nama korban. Rekening tersebut akan digunakan untuk transaksi penjualan tanah.

"Rekening atas nama korban kemudian dipegang oleh tersangka. Korban dijanjikan kalau tanah tersebut laku akan diberi imbalan Rp 5 miliar," ujar Berry.

Namun dalam perjalanannya, pelaku justru meminta uang kepada korban hingga Rp 250 juta dengan alasan untuk proses balik nama sertifikat dan lainnya. Uang tersebut diberikan korban secara bertahap sejak Juni-September.

"Namun faktanya pelaku tidak memiliki tanah di Bekasi dan yang disampaikan pelaku kepada korban adalah kebohongan. Atas kejadian tersebut akhirnya korban melaporkan pelaku," kata Berry.

Berdasarkan hasil penyidikan sementara, pelaku diduga telah melakukan penipuan dengan modus serupa kepada sejumlah orang. Tak hanya mengaku anggota Persit, pelaku juga mengaku kepada korban lainnya sebagai istri polisi.

"Sementara baru satu korban yang melaporkan Tapi kemarin ada beberapa korban yang datang ke sini mengecek, tapi belum membuat laporan, kerugiannya sekitar Rp 500 juta," ungkap Berry.

Berry mengatakan, pelaku merupakan residivis dan baru keluar dari Rumah Tahanan (Rutan) Purbalingga tahun 2020 lalu.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 378 dan atau 372 KUHP dan terancam pidana penjara paling lama empat tahun.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/07/123852278/mengaku-istri-tentara-hingga-polisi-wanita-ini-tipu-sejumlah-orang-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke