Salin Artikel

Seorang Selebritas di Jakarta Jadi Target Kawanan Perampok yang Satroni Bank di Karawang, Siapa?

KOMPAS.com - Setelah melakukan aksi perampokan bank swasta di Karawang, Jawa Barat, kawanan perampok ini berencana merampok salah satu selebritas di Jakarta.

Hal itu terungkap setelah 7 dari 10 kawanan perampok bank tersebut ditangkap polisi.

Adapun 7 pelaku yang berhasil ditangkap yakni berinisial CA alias Aceng (49), MS (44) WCP (24), DY alias Bongkeng alias Bogel (32), AS alias Takim alias Soke (39), dan DH (45).

"Hasil pemeriksaan mereka setelah ini punya target ke salah satu selebriti di Jakarta," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Senin (6/12/2021).

Namun, saat ditanya siapa artis yang jadi target kawanan tersebut, Erdi mengaku belum mengetahuinya dan masih dilakukan pendalaman oleh pihaknya.

"Ini masih diselidiki," ungkapnya.

Para pelaku ini, sambung Erdi, mengincar selebritas tersebut setelah mempelajari aktivitasnya di media sosial YouTube.

"Jadi mereka melihat blog YouTube di media sosial salah satu selebriti yang selalu melakukan kegiatan aktivitasnya, dan itu sudah dibaca mereka. Jadi adalah salah satu selebriti yang jadi sasaran," ungkapnya.


Erdi pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memperlihatkan kemewahan di media sosial sehingga tidak mengundang orang untuk melakukan kejahatan.

"Seyogianya tak perlu kita perlihatkan kemewahan di media sosial, karena hal itu bisa memicu kejahatan yang dilakukan oleh seseorang yang akan melakukan kejahatan," ungkapnya.

Diketahui, 7 dari 10 pelaku ini ditangkap polisi setelah merampok bank swasta di Karawang, Jawa Barat, pada Jumat (26/11/2021) siang. Dalam aksinya, para pelaku berhasil membawa kabur uang Rp 400 juta.

Para pelaku ditangkap di tempat berbeda, yakni di wilayah Jakarta Pusat, Kota Tangerang, dan Palembang.

Dari hasil pemeriksaan polisi, para pelaku yang merupakan residivis ini telah melakukan pencurian dengan kekerasan di wilayah Kota Cirebon, Kota Bogor, Cikarang, dan Jakarta Barat.


Bukan itu saja, mereka juga melakukan aksi kriminalnya di beberapa negara Asia, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, Myanmar, dan China (Tiongkok).

Aksi kriminal di luar negeri itu dilakukan pelaku sebelum pandemi Covid-19.

"Yang bersangkutan sudah profesional dalam pekerjaan, makanya kita lakukan penyelidikan intensif dan dua hari kita ungkap," kata Erdi.

"Di luar negeri itu yang bersangkutan (merampok) rumah kosong, bukan bank," lanjutnya.

Disinggung apakah pelaku pernah menjadi buronan interpol, Erdi mengatakan bahwa hal itu masih pendalaman.

"Kami masih selidiki lagi karena ini baru tertangkap, bagaimana aktivitas mereka di negara lain, kita tanyakan ke instansi terkait," ungkapnya.

 

(Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi | Editor : Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/12/07/062057378/seorang-selebritas-di-jakarta-jadi-target-kawanan-perampok-yang-satroni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke