Salin Artikel

Hujan Deras Jebol Tanggul di Lamongan, Akses Jalan Desa Sempat Terputus

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan Mugito mengatakan, hujan deras mengakibatkan tanggul sungai di Desa Gampang Sejati, Kecamatan Laren, Lamongan, jebol lantaran tidak kuat menahan debit air yang cukup deras.

"Di Gampang Sejati ada tanggul sungai irigasi yang ambrol, sudah diupayakan penanganan darurat oleh petugas di lapangan," ujar Mugito, Kamis (25/11/2021).

Tidak hanya tanggul sungai di Desa Gampang Sejati yang ambrol, namun hujan deras juga mengakibatkan jalan poros Desa Tebluru di Kecamatan Solokuro, dipenuhi lumpur.

Ruas jalan sepanjang 1 kilometer tersebut terputus, lantaran tanah pematang sawah longsor hingga memenuhi jalanan.

"Kendaraan harus putar arah, cari jalan alternatif. Jalan membahayakan karena sangat licin dan tertutup lumpur," ucap salah seorang warga Solokuro, Ahmad.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama masyarakat setempat sempat membersihkan material lumpur yang menutupi ruas jalan, supaya bisa kembali dilalui oleh kendaraan.

Hanya saja upaya yang dilakukan kurang maksimal, lantaran menggunakan peralatan seadanya.

"Pematang sawah semuanya ludes, digerus derasnya air hujan yang mengguyur hampir 4 jam lamanya. Upaya yang kami lakukan, tidak sebanding dengan volume tanah yang menutup badan jalan," kata Babinsa Solokuro, Serda Sucipto.

Guna mempercepat pembersihan material lumpur yang menutup permukaan jalan, akhirnya didatangkan alat berat dalam menunjang pengerjaan.

Ruas jalan bisa kembali dilalui kendaraan, meski pengguna tetap harus berhati-hati saat melintas karena masih ada sisa-sisa tanah yang tertinggal.

Hujan deras juga sempat menciptakan genangan air di beberapa titik lokasi dan ruas jalan di sekitar area perkotaan.

Seperti di Jalan Kinameng, Soewoko, Merpati, Kusuma Bangsa, Lamongrejo dan Panglima Sudirman. Termasuk, selasar RSUD Soegiri yang sempat tergenang air meski tidak lama dan tidak sampai menganggu pelayanan.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/25/182559378/hujan-deras-jebol-tanggul-di-lamongan-akses-jalan-desa-sempat-terputus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke