Salin Artikel

Hujan Deras Guyur Magetan, 1 Rumah Tertimpa Longsoran

Ketua Desa Tangguh Bencana Destana Desa Geni Langit Yeni Santosa mengatakan, material longsor mengenai salah satu rumah warga Kampung Wonomulto bernama Gito.

“Longsornya mengenai tiga atap milik Pak Gito. Selain atap sejumlah barang di rumah mengalami kerusakan. Kerugian diperkirakan ada Rp 20 jutaan,” ujar Yeni Santosa melalui sambungan telepon, Rabu (24/11/2021).

Akses jalan tertutup longsor

Yeni menambahkan, hujan deras yang terjadi sejak pukul 12.30 WIB juga membuat sejumlah titik jalan menuju Kampung Wonomulyo tertutup tanah longsoran bukit

Warga saat ini baru membersihkan longsoran jalan untuk membuka akses jalan menuju Kampung Wonomulyo.

“Kita utamakan pembersihan jalan untuk akses masuk kampung. Untuk rumah yang terkena longsor rencananya besok kita bersihkan karena sampai sore hujan masih mengguyur. Kita menghindari longsor susulan,” imbuhnya.

Rencananya warga Kampung Wonomulyo akan melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan rumah Gito dari material longsoran.

Hingga Rabu sore hujan masih mengguyur Kampung Wonomulyo.


BPBD buka posko siaga bencana

Kampung Wonomulyo merupakan kampung terpencil di kaki Gunung Lawu yang berjarak lima kilometer dari Desa Geni Langit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor di Kampung Wono Mulyo. 

BPBD Kabupaten Magetan telah membuka posko siaga bencana di Kecamatan Poncol untuk mengantisipasi bencana banjir hingga longsor.

BPBD Kabupaten Magetan juga memastikan Early Warning System (EWS) yang dipasang di sembilan titik rawan bencana longsor dan banjir, dalam kondisi baik.

"Sampai saat ini kita dalam kondisi siaga bencana. Kita siapkan posko di Kecamatan Poncol untuk memudahkan koordinasi bencana longsor karena di daerah atas di musim hujan memang rawan longsor,” katanya.

Ari menghimbau warga Magetan mewaspadai bencana longsor karena BMKG memperkirakan hujan deras disertai angin kencang terjadi hingga awal tahun 2022.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/24/180905478/hujan-deras-guyur-magetan-1-rumah-tertimpa-longsoran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke