Salin Artikel

Terungkap, Ini Motif Yana Nge-prank Hilang di Cadas Pangeran

KOMPAS.com - Belum lama ini, publik dihebohkan dengan kabar adanya seorang pria bernama Yana Supriatna (40), warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, hilang misterius di kawasan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021).

Setelah dilakukan pencarian, Yana akhirnya ditemukan polisi di wilayah Dawuan, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, Jabar, dalam keadaan sehat pada Kamis (18/11/2021) sore.

Kabar menghilangnya Yana hingga ditemukan ternyata menarik perhatian netizen dan menjadi trending di Twitter.

Selain trending di Twittter, ramai juga kabar jika Yana pulang ke rumah istri mudanya. Namun, kabar itu dibantah tegas Kepala Seksi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana.

Kata Dedi, informasi Yana pulang ke rumah istri mudanya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kepastiannya, personel Satreskrim Polres Sumedang menemukan Yana di wilayah Kecamatan Dawuan, Majalengka. Bukan di rumah istri muda," kata Dedi kepada Kompas.com melalui telepon, Sabtu (20/11/2021) pagi.


Dedi mengatakan, motif Yana menghilang misterius karena tekanan masalah pekerjaan dan keluarga.

"Hasil pemeriksaan sementara motif pelaku karena tekanan masalah pekerjaan dan keluarga. Untuk motif pelaku ini masih kami dalami, mengapa saudara Yana ini melakukan perbuatan seperti itu hingga kejadiannya ramai di media sosial," ujarnya, Jumat (19/11/2021) siang.

Saat ini, sambung Dedi, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap Yana. Sebab, setiap ditanya jawabannya masih berubah-ubah.

Bahkan, kata Yana, pihaknya akan melakukan tes kejiwaaan terhadap Yana.

"Kami akan melakukan tes kejiwaan terhadap Yana karena sejauh ini jawabannya kerap berubah-ubah," ungkapnya.

Kata Dedi, setelah hasil pemeriksaan terhadap Yana selesai, pihaknya baru akan melakukan rilis.

"Informasi selengkapnya akan segera kami sampaikan setelah seluruh pemeriksaannya selesai, dan ada SOP yang mengharuskan Yana menjalani pemeriksaan kejiwaan, apakah ada kelainan kejiwaan atau tidak nanti diketahui, nanti semua hasilnya akan kami sampaikan," jelasnya.


Terkait dengan pidana karena sudah membuat gaduh, lanjut Dedi, sampai saat ini masih didalami bersama JPU dan ahli pidana.

"Sementara ini masih tahap penyelidikan. Untuk penerapan pasalnya masih kami dalami bersama JPU dan ahli pidana. Hasil lengkapnya nanti akan segera kami sampaikan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorng pria bernama Yana Supriatna, warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, hilang misterius di Jalan Bandung-Cirebon, tepatnya di kawasan Cadas Pangeran, Selasa (16/11/2021) malam.

Sebelum hilang mistrerius, Yana sempat mengirim pesan suara kepada melalu WhatsApp kepada istrinya.

Dalam pesannya, Yana mengirimkan suara terakhir seolah meminta tolong kepada istrinya.

"Pesan suara itu, Yana hanya mengatakan bahwa ia sudah tidak kuat lagi. Tapi kami juga tidak tahu, apa arti dari "tidak kuat lagi" yang disampaikan Yana," kata Yadi, keluarga korban kepada Kompas.com, di Cadas Pangeran, Rabu siang.

Di kawasan Cadas Pangeran, pihak keluarga hanya menemukan sepeda motor Honda Supra bernopol Z 2333 AB milik korban yang tergeletak di samping kiri (Arah Bandung menuju Sumedang kota), dengan kondisi setang motor terkunci, sementara korban tidak ada.

 

(Penulis : Kontributor Sumedang, Aam Aminullah | Editor : Pythag Kurniati, David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/20/113124278/terungkap-ini-motif-yana-nge-prank-hilang-di-cadas-pangeran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke