Salin Artikel

RSUD Cilograng Segera Dibangun, Gubernur Banten: Agar Masyarakat Tak Jauh Dapat Layanan Kesehatan

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten pada awal tahun 2022 akan memulai pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilograng, Lebak.

Pembangunan fasilitas kesehatan di daerah perbatasan antara Lebak, Banten dengan Sukabumi, Jawa Barat itu untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan masyarakat di Banten Selatan.

"Di daerah perbatasan akan kita bangun berbagai fasilitas yang memadai agar masyarakat tidak terlampau jauh untuk mendapatkan pelayanan (kesehatan),” ujar Gubernur Banten Wahidin Halim dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (18/11/2021).

Menurut Wahidin, kesehatan merupakan pelayanan dasar yang harus dipenuhi dan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat di mana pun.

Sehingga, negara dan pemerintah harus hadir memberikan pelayanan kesehatan.

"Ini kita bangun (RSUD Cilograng) karena menjadi penting pelayanan kesehatan, dan ini yang harus kita sadari (pentingnya kesehatan),  kita harus melayani mereka," ujar Wahidin.

Dijelaskan Wahidin, nantinya RSUD Cilograng dibangun dengan dua lantai untuk melayani masyarakat di Kecamatan Cilograng, Bayah, Panggarangan, dan Cibeber.

Nantinya, lanjut Wahidin, masyarakat di empat kecamatan itu tak perlu lagi berobat ke Sukabumi, Jawa Barat.


"Saya tidak mau orang Bayah, Cilograng berobatnya ke Sukabumi. Kalau perlu orang Sukabumi berobat ke sini. Pokoknya untuk memenuhi hajat dan bisa diakses masyarakat sekitar," kata Wahidin.

Saat ini, masyarakat di daerah tersebut lebih memilih berobat ke rumah sakit yang berada di Sukabumi karena jarak yang lebih dekat dan fasilitas lebih lengkap dibandingkan RSUD Malimping, Lebak.

Adaun waktu tempuh masyarakat Cilograng untuk menuju ke RSUD Malimping membutuhkan waktu dua jam.

Sedangkan untuk menuju rumah sakit di Sukabumi hanya memakan waktu setengah jam perjalanan.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/18/112015878/rsud-cilograng-segera-dibangun-gubernur-banten-agar-masyarakat-tak-jauh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke