Salin Artikel

Buntut Ricuh Pilkades Buano Utara Maluku, Cakades Minta Pemilihan Ulang

Kericuhan ini bermula usai proses penghitungan suara di kantor desa setempat, Minggu sore (14/11/2021).

Massa yang tidak puas dengan hasil Pilkades menyerang dan melempari kantor desa. Mereka mengeluarkan semua kotak suara dan fasilitas yang ada di kantor tersebut kemudian membakarnya.

Selain membakar kotak suara dan fasilitas kantor desa, massa juga ikut membakar meja, kursi serta fasilitas lainnya di kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Salah satu tokoh masyarakat Buano Utara, Paman Nurlette yang dikonfirmasi Kompas.com mengungkapkan, aksi pembakaran kotak suara dan fasilitas desa itu diduga dilakukan massa dari tiga pendukung calon kepala desa yang merasa dicurangi.

“Karena hak konstitusional mereka diamputasi, dirampas oleh panitia jadi mereka tidak puas sehingga melakukan hal itu,” ujarnya, Senin (15/11/2021).

Nurlette membeberkan sejumlah dugaan kecurangan yang dilakukan panitia dan BPD seperti menghilangkan hak suara sekitar 700 warga.

Selain itu ada dugaan penggelembungan suara untuk memenangkan calon kepala desa tertentu serta keberpihakan panitia dan BPD terhadap calon kepala desa tertentu.

“Hal ini sudah diprotes warga sebelum pemilihan berlangsung. Jadi ada sekitar 700 warga yang tidak bisa menyalurkan haknya karena namanya hilang di DPT Pilkades, selain BPD dan panitia juga tidak independen. Kami punya bukti itu,” ungkapnya.

Nurlette yang juga kuasa hukum bagi ketiga calon kepala desa yang kalah akan menemui Pemkab Seram Bagian Barat untuk membatalkan hasil Pilkades.

“Kami akan minta tidak ada pelantikan. Kami juga meminta data pemilih diperbaiki dan prosesnya diulang secara demokratis,” ungkapnya.

Massa menyerang usai penghitungan suara

Kepala BPD Buano Utara, Bakri Nanilette mengungkapkan, aksi itu dilakukan beberapa saat setelah penghitungan suara dilakukan.

“Itu kejadian setelah penghitungan suara. Jadi panitia sedang bersiap-siap mendatangani berita acara, tiba-tiba massa menyerang dan melempari kantor desa sehingga panitia semua lari,” kata Bakri kepada Kompas.com.

Massa kemudian mengeluarkan semua kotak suara lalu membakarnya di depan kantor desa.

Kepala Satuan Reskrim Polres Seram Bagian Barat Iptu Pieter Fredy Matahelemual yang dikonfirmasi Kompas.com secara terpisah membenarkan adanya insiden tersebut.

“Benar ada itu (pembakaran kotak suara). Aksi itu sementara kita tangani,” kata Pieter.

Pieter mengungkapkan, aksi tersebut dilakukan setelah penghitungan suara Pilkades.
Meski begitu pihaknya belum berani menyimpulkan terkait pelaku aksi pembakaran kotak suara dan fasilitas desa.

“Kejadiannya setelah penghitungan suara. Itu masih kita dalami (para pendukung calon yang kalah), kita belum bisa ambil kesimpulan,” ujarnya.

Saat ini, anggotanya masih terus melakukan penyelidikan di lapangan.

KOMPAS.com / (Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor: Phytag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/16/062559278/buntut-ricuh-pilkades-buano-utara-maluku-cakades-minta-pemilihan-ulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke