Salin Artikel

Kasus Covid-19 dari Klaster Takziah di Bantul Masih Terus Bertambah, 1 SD Ditutup

Total sudah ada 29 orang, dan satu sekolah dasar pembelajaran tatap muka (PTM) harus ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Total sampai hari ini sudah ada 29 orang (terkonfirmasi positif)," kata Panewu (camat) Sanden, Deni Ngajis Hartono saat dihubungi Kompas.com melalui telepon Jumat (12/11/2021) petang.

Dijelaskan untuk tracing terakhir hasilnya keluar pada Rabu  (10/11/2021), tapi Deni mengaku tidak ingat berapa orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif.

Kasus ini bermula dari salah satu guru SMKN 1 Sedayu yang kemudian mengajar mengaji di TPA di dekat rumahnya, Kalurahan Srigading, Sanden.

Menularkan kepada murid TPA, dan setelah di-tracing keluarganya terus bertambah hingga saat ini.

Deni mengatakan, karena ada siswa yang belajar di SD Piring 1, Kalurahan Murtigading, PTM di sekolah tersebut dihentikan sementara sejak Jumat (5/11/2021).

"(SD ditutup) sampai nanti tracing terakhir, sampai habislah istilahnya, jangan sampai nanti kita masukkan dari hasil tracing ada hasil lagi," kata Deni.

Disinggung mengenai tracing, Deni mengaku tidak mengetahui secara pasti, hanya saja nanti saat sudah keluar hasilnya bisa diketahui jumlahnya.

Sebelumnya, Deni membenarkan adanya 15 warga kalurahan Srigading yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Nuwun sewu (mohon maaf). Salah satu guru itu rodo ngeyel (agak bandel) sebelum diisolasi mandiri itu sempat mengajar (TPA) di rumahnya," kata Deni.


Dikatakannya, saat mengajar TPA sudah diberitahu oleh puskesmas jika guru yang bersangkutan positif Covid-19 pada pagi hari akhir Oktober 2021.

"Sorenya mengajar TPA," kata Deni.

Kasus kontak erat guru tersebut di-tracing 30 orang, Setelah dilakukan tes swab PCR, akhirnya muncul 6 murid TPA yang positif.

Total ada 15 orang dari siswa TPA usia SD dan keluarganya. Untuk 1 orang lain yang masih positif merupakan kasus lama.

"Ketemu lagi, (sembilan orang) total ada 15," kata Deni.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/12/184400478/kasus-covid-19-dari-klaster-takziah-di-bantul-masih-terus-bertambah-1-sd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke