Salin Artikel

Tak Kunjung Ada Wisman ke Bali, Gubernur Koster Usul Tiadakan Karantina ke Pemerintah Pusat

Hal itu dilakukan demi menggaet wisman yang hingga kini belum berkunjung ke Pulau Dewata meski pintu penerbangan internasional sudah dibuka sejak Kamis (14/10/2021).

"Pertama kan syaratnya itu vaksin (dosis) lengkap, kedua PCR, ya sebenarnya sudah aman. kalau sudah gitu sebenarnya sih harapan kita enggak perlu lagi karantina," kata Koster di Gedung Jayasabha Rumah Dinas Jabatan Gubernur Bali, Kamis (11/11/2021).

Persaingan industri pariwisata

Koster menyebutkan, usulan peniadaan masa karantina bagi wisman ke Bali juga didasarkan pada persaingan di industri pariwisata dunia.

Sejumlah negara-negara di kawasan Asia seperti Thailand, menurutnya, bahkan tak menerapkan masa karantina bagi wisatawan yang berkunjung.

Jika akhirnya masih diperlukan masa karantina, Koster mengatakan hanya cukup satu hari.

"Kalau pun perlu karantina cukup satu hari untuk menunggu hasil PCR-nya saja," kata dia.

Disinggung soal kemungkinan ada kedatangan wisman ke Bali dalam waktu dekat, Koster belum bisa memastikan.

Namun, berdasarkan informasi yang ia terima, akan ada wisman dari Jepang yang kemungkinan akan berkunjung ke Bali.

"Saya sudah dapat informasi kemarin dari Garuda, keliatannya akan ada dari Jepang, tanggalnya belum pasti, masih konsolidasi," pungkasnya.


Masa karantina jadi 3 hari

Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah mengurangi masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional, dari lima hari menjadi tiga hari.

Keputusan tersebut tertuang dalam adendum Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

"Durasi karantina jadi 3 hari untuk pelaku perjalanan Internasional bagi yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/11/2021) lalu.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/11/143257378/tak-kunjung-ada-wisman-ke-bali-gubernur-koster-usul-tiadakan-karantina-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke