Salin Artikel

Banjir akibat Luapan Kali Lamong Mulai Surut, Sejumlah Desa di 3 Kecamatan Ini Masih Terendam

Banjir di Kecamatan Balongpanggang dan Benjeng telah surut pada Rabu (10/11/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan, terdapat dua desa yang terdampak banjir luapan Kali Lamong di Kecamatan Kedamean, yakni Desa Cermen dan Lampah.

Meski banjir di permukiman telah surut, tetapi area sawah milik warga masih tergenang.

"Sampai dengan pukul 08.24 WIB, genangan di Dusun Cermen dan Medeo sudah surut. Tinggal sawah seluas 73 hektare di Desa Cermen, dan 31 hektare di Desa Lampah," ujar Tarso saat dihubungi, Rabu.

Kondisi tidak jauh berbeda juga terpantau di Kecamatan Menganti. Air luapan Kali Lamong merendam area persawahan seluas 25 hektare di Desa Gadingwatu dan 30 hektare di Desa Beton.

Sementara di Kecamatan Cerme, tujuh desa terdampak banjir luapan Kali Lamong, yakni Desa Sukoanyar, Guranganyar, Dadapkuning, Dungus, Morowudi, Ngembung, dan Pandu.

Air luapan Kali Lamong masih merendam persawahan dan tambak milik warga di tujuh desa itu.

"Di Desa Sukoanyar, tinggal menggenangi sawah seluas 20 hektare dan 30 hektare tambak. Di Desa Dungus, tinggal 20 hektare sawah yang tergenang," kata Tarso.

Adapun di Desa Dadapkuning di Kecamatan Cerme, air tinggal merendam 15 hektare area persawahan dan tambak sekitar 20 hektare.

Untuk Desa Morowudi, air masih merendam sawah seluas 50 hektare dan tambak 25 hektare. Kemudian di Desa Ngembung 20 hektare sawah terendam, dan di Desa Pandu tambak seluas 24 hektare.

Sedangkan di Desa Guranganyar, air masih menggenangi sawah dan tambak dengan masing-masing seluas 40 hektare.

Selain itu, jalan lingkungan di Perumahan PrismaLand juga masih tergenang dengan ketinggian air mencapai 10 hingga 40 centimeter.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/10/112405678/banjir-akibat-luapan-kali-lamong-mulai-surut-sejumlah-desa-di-3-kecamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke