Salin Artikel

5 Kecamatan Terendam hingga 3 Meter akibat Luapan Sungai Kapuas, Ribuan Jiwa Terdampak

Hingga hari ini, Senin (8/11/2021), ketinggian air di daerah yang terendam banjir dilaporkan sudah mencapai tiga meter dari permukaan tanah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu mencatat, ada 8.652 jiwa di daerah itu terdampak banjir.

"Tentu akan ada penambahan data mengingat debit air masih naik di pesisir Sungai Kapuas," Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan di Putussibau, Senin, seperti dilansir Antara.

Beberapa desa di lima kecamatan yang saat ini masih terendam banjir, yakni Silat Hilir, Selimbau, Semitau, Jongkong, dan Batang Lupar.

Sedangkan untuk Kecamatan Badau kondisi banjir sudah surut.

Banjir yang terjadi sejak Kamis (4/11) merendam 1.084 rumah warga.

Rata-rata warga terdampak banjir memilih untuk tinggal di rumahnya dengan membuat panggung.

"Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, apabila ada warga yang ingin mengungsi dan kami juga selalu siap apabila diperlukan untuk melakukan evakuasi," ucap Gunawan.

BPBD Kabupaten Kapuas Hulu juga sudah bantuan kedaruratan kepada para korban banjir di sejumlah wilayah, terutama Kecamatan Silat Hilir.

Bantuan berupa beras dan sejumlah paket sembako akan kembali disalurkan ke sejumlah kecamatan yang masih teredam banjir.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/203616378/5-kecamatan-terendam-hingga-3-meter-akibat-luapan-sungai-kapuas-ribuan-jiwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke