Salin Artikel

Status Siaga Darurat Karhutla di Riau Berakhir, Giliran Banjir yang Datang

Penutupan status siaga darurat karhutla ini seiring dengan Bumi Lancang Kuning sudah memasuki musim hujan.

"Status siaga darurat karhutla ditetapkan sejak 15 Februari 2021, dan berakhir pada 31 Oktober 2021 nanti. Tapi, hari ini saya nyatakan resmi berakhir," kata Gubernur Riau Syamsuar saat diwawancarai Kompas.com usai rapat koordinasi, Jumat.

Berakhir status siaga darurat karhutla ini, kata Syamsuar, bukan berarti pihaknya tidak lagi berupaya mencegah terjadinya karhutla.

Tim satuan tugas (Satgas) Karhutla Riau akan terus memantau wilayah-wilayah yang rawan karhutla.

Ia berharap, kepada jajaran pemerintah kabupaten dan kota bersama-sama menanggulangi apabila terjadi karhutla.

Sementara itu, Syamsuar bersyukur sejak tahun 2020 hingga 2021 tidak ada lagi bencana kabut asap akibat karhutla.

"Tahun 2020 lalu Riau bebas kabut asap. Alhamdulillah, Januari sampai Oktober 2021, juga tidak ada asap karena karhutla," ucap Syamsuar.


Bebasnya Riau dari kabut asap dua tahun ini, berkat kerja sama dan kerja keras tim Satgas Karhutla.

Syamsuar menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Manggala Agni, pihak perusahaan, relawan dan pihak lainnya.

"Kita juga terima kasih kepada Pemerintah Pusat, yang telah memberikan dukungan kepada Riau dalam menanggulangi karhutla, dan juga penangan Covid-19. Selain itu, dengan adanya aplikasi Lancang Kuning pemantau titik pai, sangat membantu kita dalam memadamkan api dengan cepat. Jadi, Riau harus kita pertahankan bebas bencana asap karhutla," tambah Syamsuar.

Sudah tiga hari, ribuan jiwa di Kota Minyak itu dilanda banjir akibat intensitas hujan tinggi dan ditambah luapan Sungai Dumai. Banjir itu membuat sejumlah warga terpaksa mengungsi.

Saat ditanya Kompas.com mengenai banjir ini, Gubernur Riau Syamsuar mengaku akan turun ke Dumai untuk memeriksa penanganan banjir.

"Besok pagi saya turun ke Dumai cek bagaimana penanganan banjir yang melanda warga kita," ujar Syamsuar.

Untuk saat ini, sebut dia, penanganan banjir sudah dilakukan oleh tim BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, dan Dinas Sosial serta pihak lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/30/085754478/status-siaga-darurat-karhutla-di-riau-berakhir-giliran-banjir-yang-datang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke